27.7 C
Indonesia
22 Oktober 2019
Puasa Tarwiyah dan Niatnya

Puasa Tarwiyah dan Niatnya

Memasuki bulan Dzulhijjah, setiap Muslim yang telah baligh sebaiknya harus melakukan beberapa sunah yang telah dianjurkan oleh Allah SWT dan Rasul-Nya. Dari beberapa sunah tersebut, terdapat sunnah yang harus dilakukan yaitu melaksanakan puasa tarwiyah dan puasa arafah.

Puasa tarwiyah merupakan salah satu sunah yang dilakukan pada tanggal 8 Dzulhijjah. Sedangkan, puasa arafah merupakan salah satu puasa sunah yang dilakukan 9 Dzulhijjah. Perlu untuk diketahui, kedua puasa sunah ini hanya boleh dilakukan oelh setiap umat muslim yang tidak sedang menjalankan ibadah haji.

Sebenarnya dalam Islam mengajurkan setiap umatnya melaksanakan puasa tarwiyah walaupun puasa ini merupakan puasa sunah. Puasa tarwiyah memiliki keistimewaan yang tidak kalah besarnya dengan puasa arafah.

Keistimewaan puasa sunnah ini bisa menghapus dosa yang dilakukan selama setahun lalu. Meski demikian, pengampunan dosa ini terjadi atau tidak, tetap berdasarkan dengan ketentuan dari Allah SWT.

Untuk menjalankan puasa tarwiyah, Muslim tidak bisa sembarangan asal niat puasasaja. Terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang diberikan bagi siapa saja yang ingin menjalankan ibadah puasa tarwiyah ini.

Dengan melakukan semua ketentuan dan syarat yang diberikan oleh Allah SWT ini, bisa jadi puasa yang kalian lakukan dapat diterima oleh-Nya. Syarat dan ketentuan untuk menjalankan puasa tarwiyah adalah dengan membaca niat puasa tarwiyah idul Adha.

Niat Puasa Tarwiyah

Sama seperti niat puasa lainnya, niat puasa tarwiyah juga terbilang cukup mudah untuk dilafalkan dan diingat oleh setiap umat. Tahukah kalian? Bagi umat muslim, puasa tarwiyah atau puasa arafah sangat dianjurkan untuk dilakukan agar semua umat muslim bisa ikut merasakan nikmat yang dirasakan oleh para jamaah haji. Adapun niat puasa tarwiyah adalah sebagai berikut:

 Niat Puasa Tarwiyah Idul Adha

Artinya “ Saya niat puasa Tarwiyah, sunnah karena Allah ta’ala”.

Pilihan Lain

Selamat datang di layanan kami Setuju Lain Kali

Privacy & Cookies Policy