27.7 C
Indonesia
22 Oktober 2019
Aqidah Islam

Akidah Islam Dan Cara Menjaganya

Akidah Islam adalah suatu keyakinan yang wajib dipegang oleh setiap orang Islam dan tidak bisa diganggu gugat apapun kondisi dan situasinya. Akidah Islam ini bisa juga diartikan sebagai rukun iman. Bahkan sebagian Ulama berpendapat bahwa akidah Islam adalah harta yang paling berharga bagi setiap orang Islam. Oleh karenanya wajib dijaga sepanjang hayatnya.

Pokok akidah Islam atau rukun Iman sesuai Hadist Jibril itu ada enam. Yaitu iman kepada Allah, iman kepada Rasulullah, iman kepada kitab, iman kepada Malaikat, iman kepada hari akhir dan iman kepada qodho dan qodar.

Iman sendiri menurut Habib Smuaith adalah membenarkan dengan yakin apa yang diketahui secara pasti yang disampaikan Nabi Muhammad dari sisi Allah. Imam juga bisa diartikan percaya dalam hati, mengakui dengan lisan dan mengamalkan dengan anggota badan.

Dengan demikian akidah Islam  ini adalah hal pokok yang harus dijaga oleh setiap umat Islam. Karena tanpa dilandasi dengan keimanan seluruh amal perbuatan yang dilakukan seorang muslim tidak akan diterima.

Dalam bahasa yang lebih mudah Islam itu dimulai dan dilandasi iman kepada Allah. Setelah itu baru melaksanakan apa yang diperintahkan dan menjahuhi apa yang dilarangnya. Dengan demikian sholat, zakat tidak pernah diterima sebelum kita menyatakan keimanan kepada Allah, karena syarat pokok dalam beribadah adalah iman kepada Allah.

Inti Akidah Islam

Untuk bisa mempelajari akidah Islam dengan baik maka para ulama membuat suatu ilmu yang membahas tentang ini. Ilmu ini oleh para ulama disebut Ilmu Kalam atau Ilmu Tauhid atau ilmu akidah..

Inti dari ilmu akidah adalah untuk mengesakan Allah, serta menjabarkan dan menjelaskan sifat-sifatnya dengan dalil yang jelas. Para ulama telah bersepakat bahwa inti daripada ilmu akidah ini adalah akidah 50. Akidah 50 adalah akidah yang menjelaskan 50 hal mendasar dalam Islam. Yaitu berupa 20 sifat wajib bagi Allah, 20 Sifat mustahil bagi Allah, 1 sifat jaiz bagi Allah, 4 sifat wajib dan 4 sifat mustahil bagi rasul serta 1 sifat jaiz bagi rasul.

Dan untuk menjaga akidah Islam atau keimanan ada beberapa cara yang bisa dilakukan

  1. Mempelajari dengan baik dan benar mengenai akidah 50 yang telah dipaparkan diatas.
  2. Setelah itu dijaga dengan baik agar kemurnian akidah 50 ini bisa terjaga
  3. Jangan sampai melakukan hal-hal yang bertentangan baik dalam ucapan, perbuatan atau iktikad dalam hati dengan akidah 50 ini. Karena bisa menyebabkan seseorang keluar dari agama Islam. Misal menyatakan bahwa Allah itu berada diatas langit, menyatakan bahwa ada nabi yang terakhir setalah nabi Muhammad, dll.

Hadist Jibril diatas menyatakan bahwa rukun iman itu ada 6. Nabi juga menjelaskan bahwa cabang-cabang dari 6 pokok rukun iman ini ada 77. Hal ini sebagai mana hadist Nabi Yang artinya

Iman itu ada 77 cabangnya, yang paling utama dari cabang-cabang tersebut adalah adalah mengucapakan kalimat tauhid “lailahailallah” (tiada tuhan yang wajib disembah kecuali Allah). Dan cabang yang paling rendah adalah menyingkirkan rintangan atau duri di jalan. Malu juga termasuk dari cabang keimanan.

Pilihan Lain

Selamat datang di layanan kami Setuju Lain Kali

Privacy & Cookies Policy