1 Agustus 2021
Shalawat Munjiyat

Amalkan Shalawat Munjiyat Untuk Tercapainya Segala Hajat

Salah satu cara untuk mengatasi berbagai permasalahan hidup adalah dengan memperbanyak membaca shalawat kepada Rasulullah SAW, sebagaimana yang sering kita bahas dalam rubrik dzikir dan doa. Salah satu amalan shalawat yang banyak mendatangkan manfaat adalah shalawat munjiyat.

Dalam Kitab Khozinatul Asror karya Syaikh Muhammad Haqqi an Nazili dijelaskan bahwa bacaan shalawat sangat banyak macamnya hingga mencapai 4000 macam bahkan ada yang menyebutkan 12000 Shalawat.

Diantara ribuan shalawat tersebut yang masyhur adalah Shalawat Munjiyat, yang akan kita bahas dalam artikel kali ini.

Bacaan lengkap Shalawat Munjiyat

اَللهم صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تُنْجِيْنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ الْأَهْوَالِ وَالْآفَاتِ، وَتَقْضِيْ لَنَا بِهَا جَمِيْعَ الْحَاجَاتِ، وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَّيِّئَاتِ، وَتَرْفَعُنَا بِهَا عِنْدَكَ أَعْلَى الدَّرَجَاتِ، وَتُبَلِّغُنَا بِهَا أَقْصَى الْغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِيْ الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَاتِ

Allahuma sholli ‘Ala syayyidina Muhammadin Sholatan Tunjina Biha Min Jami’il Ahwali Wal Afat, Wataqdilana Biha Jami’il Hajat, Watutohhiruna Biha Min Jami’is Syayyiat, Watarfa’una Biha ‘Indaka A’lad Darojat, Watuballi ghuna Biha Asyqshol Ghoyat Min Jami’il Khoiroti Fil Hayati Waba’dal Mamat.

Terjemah : “Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan shalawat itu, Engkau akan menyelamatkan kami dari semua keadaan yang menakutkan dan dari semua cobaan; dengan shalawat itu, Engkau akan mengabulkan hajat kami; dengan shalawat itu, Engkau akan menyucikan kami dari segala keburukan; dengan shalawat itu, Engkau akan mengangkat kami ke derajat paling tinggi; dengan shalawat itu pula, Engkau akan menyampaikan kami kepada tujuan yang paling sempurna dalam semua kebaikan, ketika hidup dan setelah mati.”

Fadilah Shalawat Munjiyat

Syaikh Muhammad Haqqi an Nazili menyebutkan dalam kitab Khozinatul Asror bahwa shalawat ini telah terbukti dalam menghilangkan berbagai macam kesusahan dan menggapai berbagai hajat yang kita inginkan.

Beliau melanjutkan tentang tata cara dan faidah dari shalawat munjiyat ini :

قَلَ شَيْخِنَا إِنَّهاَ كَنْزٌ مِنْ كُنُوْزِ العَرْشِ مَنْ دَعَىْ بِهَا أَلْفَ مَرَّةٍ فِي جَوْفِ الَيْلِ لأِيِّ حَاجَة اَلدُّنْيَوِيَّة وَالأُخْرَوِيَّة قَضَى اللَّهُ تَعَالَى حَاجَتَهُ

“Guru kami berkata bahwa shalawat munjiyat itu seperti gudang diantara gudang-gudangnya keagungan arsy, barang siapa yang berdoa dengan shalawat munjiyat sebanyak 1000 kali di tengah malam untuk segala hajat/keinginan baik dunia maupun akhirat maka Allah SWT akan mengabulkannya.”

Bahkan beliau menyebutkan bahwa shalawat munjiyat ini sangat cepat untuk mengabulkan doa :

فَإِنَّهَا أَسْرَعُ لِلإْجَابَةِ مِنَ البَرْقِ الخَاتِفِ وَإِكْثِرٌ عَظِيْمِ

“Karena Shalawat Munjiyat ini lebih cepat diijabahnya dari pada kilat yang menyambar, dan seperti kayu iksir yang agung.”

Dalam kitab Al Qoulul Badi’ Syaikh Muhammad bin Abdurrahman As-Sakhowi berkata :

Siapa yang membaca shalawat munjiyat ketika mempunyai hajat yang sangat penting dan ketika terkena musibah sebanyak 1000 kali maka Allah SWT akan menghilangkan (musibahnya) dan dia akan mendapatkan apa yang ia inginkan

Tata Cara Mengamalkan Shalawat Munjiyat

KH. Ahmad Jauhari Umar Pasuruan mengijazahkan agar membaca shalawat munjiyat ini satu hingga kali setiap selesai shalat fardhu agar doa kita diijabah Allah SWT.

Jika kita mempunyai hajat namun bukan termasuk hajat mendesak maka dianjurkan untuk membaca shalawat ini 100 kali atau 313 kali setiap hari.

Sedangkan jika mempunyai hajat yang besar dan mendesak maka dianjurkan untuk membaca shalawat ini 1000 kali selama 3 hingga 7 malam berturut-turut dengan didahuluishalat hajat dan tawasul.

Pilihan Lain

Selamat datang di layanan kami Setuju Lain Kali

Privacy & Cookies Policy