Flash Sale! to get a free eCookbook with our top 25 recipes.

Bacakan Buah Hati dengan Doa ini Agar Jadi Anak Saleh dan Salehah

Penasantri Bacakan Buah Hati dengan Doa ini Agar Jadi Anak Saleh dan Salehah
Listen to this article

KEHADIRAN anak di tengah keluarga merupakan anugerah yang patut disyukuri. Dalam Islam, anak tak hanya sebagai penerus nasab, melainkan juga amanah yang dititipkan olah Allah. Kelak di akhirat, setiap orang tua akan dimintai pertanggung jawabannya kepada anak. Jika anaknya baik, maka ia bisa menjadi anak saleh penolong salehah yang menjadi penolong bagi orang tuanya.

Karena itulah, penting untuk mengetahui bagaimana cara mendidik anak sehingga ia tumbuh sebagai anak saleh dan salehah. Selain mendidik, orangtua juga sebaiknya mendoakan hal-hal baik pada anak. Apalagi doa orangtua termasuk doa yang mustajab, sebagaimana hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tiga doa yang mustajab yang tidak diragukan lagi yaitu doa orangtua, doa orang yang bepergian (safar), dan doa orang yang dizholimi.” (HR. Abu Daud)

Mengingat bahwa doa orangtua bisa segera diijabah, maka ada baiknya untuk memilih doa-doa yang baik untuk anak. Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (11/5), berikut doa untuk anak agar sholeh dan sholehah. Lengkap dengan bacaan Arab, latin, dan artinya.

Para Nabi telah mencotohkan betapa mereka pun mendoakan keluarga serta anak-anaknya. Misalnya meminta perlindungan, meminta anak yang baik, dan berdoa agar anaknya termasuk dalam golongan yang taat pada Allah. Berikut beberapa pilihan doa untuk anak dari para Nabi.

-Doa untuk anak dari para Nabi.

– Doa Rasulullah pada cucunya Hasan dan Husein agar diberikan perlindungan oleh Allah.

Doa untuk anak berbagai sumber
"Uiidzu hu bikalimaatillahit taammati min kulli syaithobiw wahaammatiw wamin kulli 'ainil laammah."

Artinya:

“Aku memohon perlindungan baginya (sebutkan nama anak) dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari semua godaan setan dan binatang pengganggu serta dari pandangan mata buruk.” (HR. Abu Daud)

– Doa Nabi Zakaria agar diberi anak yang baik.

Doa untuk anak berbagai sumber
"Robbiy habliy mil ladunka dzurriyyatan thoyyibatan innaka sami’ud du’a’."

Artinya:

“Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa.” (QS.Al Furqon : 38)

– Doa Nabi Ibrahim untuk anak dan cucunya.

Doa untuk anak berbagai sumber
"Robbij'alniy muqimash sholati wa min dzurriyyati robbana wa taqobbal du'a'."

Artinya:

“Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku” (QS.Ibrahim: 40)

-Pilihan doa-doa untuk anak.

Sebenarnya berdoa bisa dengan bahasa apa saja. Namun tak ada salahnya mengambil doa yang berasal dari kutipan ayat Alquran dan beberapa doa-doa dengan bahasa Arab yang artinya bagus. Misalkan saja doa untuk anak agar beriman, bertakwa, berbakti pada orangtua, cerdas, dan bermanfaat. Berikut beberapa pilihan doa-doanya.

– Doa untuk anak agar beriman dan bertakwa.

Doa untuk anak berbagai sumber
"Robbana hablana min azwajina wa dzurriyyatina qurrota a’yun waj ‘alna lil muttaqiina imama"

Artinya:

“Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa” (QS.Al-Furqon : 74)

– Doa untuk anak agar sholeh dan sholehah.

Doa untuk anak berbagai sumber

"Allahummaj 'al awladana awladan sholehiin haafizhiina lil qur'ani wa sunnati fuqoha fid diin mubarokan hayatuhum fid dun-ya wal akhirah."

Artinya:

“Ya Allah, jadikanlah anak-anak kami anak yang sholeh sholehah, orang-orang yang hafal Al-Qur’an dan Sunnah, orang-orang yang faham dalam agama dibarokahi kehidupan mereka didunia dan di akhirat.”

– Doa untuk anak agar berbakti pada orangtua dan taat pada Allah.

Doa untuk anak berbagai sumber
"Allahumma barikliy fii awladiy, wa la tadhurruhum, wa waf fiqhum li tho'atik, war zuqniy birrohum."

Artinya:

“Ya Allah berilah barokah untuk hamba pada anak-anak hamba, janganlah Engkau timpakan mara bahaya kepada mereka, berilah mereka taufik untuk taat kepadaMu dan karuniakanlah hamba rejeki berupa bakti mereka.”

– Doa untuk anak agar pintar dan bermanfaat bagi umat.

Doa untuk anak berbagai sumber
"Allaahummam-la' quluuba aulaadinaa nuuron wa hik-matan wa ahlihim liqobuuli ni’matin wa ashlih-hum wa ashlih bihimul ummah."

Artinya:

“Ya Allah, penuhilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang pantas menerima nikmat, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka.”

– Doa agar anak memiliki pemahaman yang benar.

Doa untuk anak berbagai sumber
"Allahumma faqqih hu fid diini wa 'allimhut ta’wiila."

Artinya:

“Ya Allah, berikanlah kefahaman baginya dalam urusan agama, dan ajarkanlah dia ta’wil (tafsir ayat-ayat al-Qur’an)” (HR.Bukhari)

– Doa untuk anak agar sehat dan cerdas.

Doa untuk anak berbagai sumber
"Allahummaj'alhu shohiihan kaamilan, wa ‘aqilan haadziqon, wa 'aaliman 'amilan"

Artinya :

“Ya Allah, jadikanlah ia anak yang sehat sempurna, berakal cerdas, dan berilmu lagi beramal.”

– Doa untuk anak agar mendapat keberkahan.

Doa untuk anak berbagai sumber
"Allahumma ashlih lana fi aimmatina wa jamaa’atina wa ahlina wadzurriyyatina wa amwaalina wafiimaa razaqtana wa baariklana fiihim fid dunya wal aakhiroh."

Artinya:

“Ya Allah perbaikilah untuk kami di dalam imam-imam kami, jama’ah kami, keluarga kami, istri-istri kami, anak-anak turun kami, harta-harta kami dan di dalam apa-apa (rizqi) yang engkau berikan kepada kami dan berilah kami kebarokahan dalam urusan mereka di dunia dan akhirat.”

Ayu Sulistya
Syarif Hidayatullah State Islamic University Jakarta UIN Faculty of Usul al-Din and Philosophy, Master of Arts