8 Agustus 2020
Puasa nisfu sya’ban

Begini Dalil dan Niat Puasa Nisfu Sya’ban

Salah satu taman anak kota yang kebetulan masih santri baru bertanya tentang dalil dan niat puasa nisfu sya’ban pada saya. Sebagai santri yang lumayan tua, aku bilang dalil dan niat puasa nisfu sya’ban biasanya diajari sama kiai bila sudah masuk bulan sya’ban. Dan itupun bisa didapati dalam berbagai kitab fikih di pesantren.

Bagi yang berlum tahu, begini ceritanya: Dahulu para sahabat suka memburu pahala. Karena sebelumnya ada kabar bahwa Allah memuliakan 3 bulan yang mengiringi Ramadlan, maka bulan Sya’ban adalah salah satu bulan yang medapat kemuliaan dari Allh.

Dalam bulan Sy’ban ada beberapa amalan yang disukai dan bahkan tidak ditinggalkan oleh Rasulallah. Salah satunya dalah puasa Nisfu Sy’ban.

Puasa nisfu sya’ban adalah puasa Ayyamul Bidh. Puasa Nisfu Sya’ban adalah puasa sunnah di pertengahan bulan atau puasa Ayyamul Bidh.

Puasa Ayyamul Bidh merupakan puasa sunah yang dilaksanan pada tiga hari pertengan bulan. Puasa Ayyamul Bidh ini dilaksanakan pada tanggal 13, 14, 15 di tiap-tiap bulan hijriah. Berdasarkan riwayat Abi Dzarr, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

يَا أَبَا ذَرٍّ إِذَا صُمْتَ مِنْ الشَّهْرِ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ فَصُمْ ثَلَاثَ عَشْرَةَ وَأَرْبَعَ عَشْرَةَ وَخَمْسَ عَشْرَةَ

Artinya:

Baca Juga  Aturan Ihram Haji

“Wahai Abu Dzarr, jika engkau ingin berpuasa tiga hari dari salah satu bulan, maka berpuasalah pada hari ketiga belas, empat belas, dan lima belas,” (Hadits Riwayat At Tirmidzi).

Tahun ini malam nisfu sya’ban akan jatuh pada malam Kamis, tanggal 9 April 2020. Bagi yang ingin puasa 3 hari (ayyamul bidh) di bulan sya’ban yaitu: tanggal 7, 8, dan 9 April 2020.

Hari pelaksanaan Puasa Sunnah Ayyamul Bidh bulan April 2020 itu jatuh pada hari: Selasa, Rabu dan Kamis.

Niat puasa Sunnah bulan sya’ban:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ شَعْبَانَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i sunnati Sya‘bana lillâhi ta’ala

Artinya: “Aku berniat puasa sunah Sya‘ban esok hari karena Allah Ta’ala.”

Ayyaamul bidh adalah bentuk jamak dari al-yaum yang berarti hari, sedangkan bidh artinya putih. Ayyaamul Bidh artinya adalah hari-hari putih di mana pada tanggal tersebut terjadi bulan purnama dengan sinar warna putih.

Puasa Sunnah Ayyamul Bidh adalah puasa tiga hari di pertengahan bulan. Menjalankan Puasa Ayyamul Bidh ini, nilai amalannya sama dengan melaksanakan puasa sepanjang tahun.

Baca Juga  Keutamaan Memuliakan Malam Nisfu Sya’ban

Teman teman santri yang sudah tahu tentang dalil dan niat puasa nisfu sya’ban ini, mari kita kerjakan sunnah rasul ini bersama-sama. Walahu a’lam semoga bermanfaat.

Pilihan Lain

Selamat datang di layanan kami Setuju Lain Kali

Privacy & Cookies Policy