Flash Sale! to get a free eCookbook with our top 25 recipes.

Konten Aspirasi Melalui Media Sosial Tik Tok

Listen to this article

Media sosial Tik Tok di era society sudah tidak asing lagi bagi masyarakat mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Pasalnya aplikasi Tik Tok sebagai hiburan bisa dikatakan sebagai pengisi waktu luang, bahkan masyarakat menjadikannya sebagai melepas beban pikiran baik diri sendiri maupun orang lain, Dengan adanya aplikasi Tik Tok ini banyak dari yang berdampak positif sampai yang negatif semua pengaruh prilaku dari anak-anak sampai orang tua di dapatkan melalui apliakasi Tik Tok.

Saat ini Tik Tok menjadi tren baru dan budaya populer di masyarakat indonesi. Budaya ini banyak menarik perhatian masyarakat bahkan disukai banyak orang dan tidak terikat dalam kelas sosial. Pasalnya budaya populer mempunyai dampak yang sangat besar dalam kehidupan masyarakat di era digital saat ini, yang kita tahu bahwa kemudahan dalam dunia digital memiliki akses informasi yang luas dan mempunyai dampak signifikan pada budaya populer yang ada di suatu negara (Sorrels, 2015). Jadi bisa dilihat tentang perkembangan budaya baru khususnya di indonesia, yang sangat besar bagi generasi millennial, karena para millennial sangat aktif dan intens dengan teknologi baru, salah satunya adalah Tik Tok.

Media sosial ini dapat memberikan efek spesial yang unik dan menarik yang dapat digunakan oleh pengguna aplikasi ini dengan mudah untuk membuat vidio pendek sangat keren dan dapat menarik perhatian banyak orang yang mel. Maka dari itu generasi milineial memanfaatkan media digital ini sebagai sarana dalam menyampaikan informasi atau hal-hal baik, atau bisa dikatakan sebagai alat komunitas sosial baik kelompok atau individu secara tidak langsung. Komunikasi sosial adalah suatu kesatuan sosial yang terdiri dari dua atau lebih individu yang telah mengadakan interaksi sosial yang cukup intensif dan teratur, sehingga diantara individu itu sudah ada tugas, struktur, dan norma.

Content Creator Rian Fahardi yang merupakan remaja milenial yang aktif dalam media sosial Tik Tok. Menariknya Rian di sini dia sebagai masyarakat pada umumnya yang selalu memperjuangkan keadilan, ketimpangan sosial, penegakan hukum yang tidak adil dan lainnya, dari konten yang dibangun tidak lepas dari definisi komunikasi sosial itu sendiri yang merupakan suatu proses interaksi antar seseorang atau suatu lembang untuk menyampaikan pesan atau aspirasi rakat dalam rangka untuk membangun integrasi atau adaptasi sosial. Dengan konten seperti itu secara terbuka adalah bentuk sosialisasi dan pencapaian stabilitas sosia, terbit sosial, penerusan nilai-nilai di dalam masyarakat sebagai subjek informasi, dengan adanya konten bertajuk aspirasi ini masyarakat sadar terhadap fenomena yang terjadi disekitarnya maupun non sekitar, komunikasi sosial kesadaran masyatakat yang harus ditekankan terhadap lingkunganya.

Salah satu hal yang menarik dalam konten Tik Tok semua conten creator selalu berusaha sebaik mungkin dalam mengangkat isu-isu yang masih hangat, salah satunya Rian disini yang selalu update terkait fenonema sosial lingkungan, budaya, politik dan lainnya. Mengapa harus fenomena yang aktual. Sebab fenomena baru akan menarik perhatian pengamat Tik Tok atau penggunanya untuk menerima informasi yang disajikan, tentu tidak mudah untuk menarik perhatian masyarakat, jika kontennya tidak dibungkus dengan baik, dari public speaking yang bagus.dari tampilan aktornya. Sehingga pengguna Tik Tok tidak merasa bosan untuk menonton konten tersebut. Sebagai conten creator berusaha semaksimal dalam menjalin engagement dengan komunikan.

Kesimpulannya, bahwa media digital Tik Tik merupakan salah satu ruang public yang memuat konten berupa hiburan, dakwah dan aspirasi raykat, kritik sosial, pemerintah, dalam ruang public ini dapat dimanfaatkan oleh kalangan masyarakat dalam menyampaikan informasi atau suatu fenomena sosia, budaya dan banyak lainnya baik berupa monolog, public speaking akan tetapi harus menghubungkan dengan situasi yang sedang tren. Akan tetapi perlu digaris bawahi bahwa kepentingan para content creator bahwa semua konten pasti ada segmentsinya sendiri, namun perlu diingat bahwa dampak dari konten yang bagikan ke publik salah satunya pada metriks sosial medua berupa like, komentar dan follower media sosial yang diguanakan adalah Tik Tok. (Frick,2013)

Sumber Data

Dessy Kushardiyanti dkk. Tren Konten Dakwah Digital Oleh Content Creator Milenial Melalui Media Sosial Tiktok Di Era Pandemi Covid-19, Volume 12 No. 1 Juli 2021

Togi Prima Hasiholan, dkk. Pemanfaatan Media Sosial Tik Tok Sebagai Media Kampanye Gerakan Cuci Tangan Di Indonesia Untuk Pencegahan Corona Covid-19. Communiverse : Jurnal Ilmu Komunikasi Volume 5 No. 2 Juni 2020

Slamet santoso, Dinamika Kelompok (Jakarta: bumi aksara, 2006)

Pratama.Debi,Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Fakultas Dakwah dan Ilmu komunikasi,2021 Komunikasi Sosial Remaja Pengguna Tik Tok Di Kelurahan Kaliawi Kecamatan Tanjung Karang Pusatbandar Lampung.

Ruhan Wahyudi Mahasiswa Sosiologi Agama UIN Sunan Kalijaga Yogyakata.