Pembaca yang dirahmati Allah Azza wa Jalla, meyakini keberadaan jin atau setan merupakan bagian dari ajaran agama Islam yang mulia ini. Alam mereka (para jin) sama sekali berbeda dengan alam manusia meskipun keduanya diciptakan oleh Allah Azza wa Jalla untuk satu tujuan yaitu beribadah hanya kepada-Nya. Allah Azza wa Jalla berfirman:
ŁŁŁ
ŁŲ§ Ų®ŁŁŁŁŁŲŖŁ Ų§ŁŁŲ¬ŁŁŁŁ ŁŁŲ§ŁŁŲ„ŁŁŲ³Ł Ų„ŁŁŁŁŲ§ ŁŁŁŁŲ¹ŁŲØŁŲÆŁŁŁŁ
Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku. [adz-Dzâriat/51:56]
Manusia tidak dapat melihat jin atau setan dengan kasat mata. Namun, mereka dapat melihat manusia. Allah Azza wa Jalla berfirman:
Ų„ŁŁŁŁŁŁ ŁŁŲ±ŁŲ§ŁŁŁ
Ł ŁŁŁŁ ŁŁŁŁŲØŁŁŁŁŁŁ Ł
ŁŁŁ ŲŁŁŁŲ«Ł ŁŁŲ§ ŲŖŁŲ±ŁŁŁŁŁŁŁŁ
Ł Ū Ų„ŁŁŁŁŲ§ Ų¬ŁŲ¹ŁŁŁŁŁŲ§ Ų§ŁŲ“ŁŁŁŁŲ§Ų·ŁŁŁŁ Ų£ŁŁŁŁŁŁŁŲ§Ų”Ł ŁŁŁŁŁŲ°ŁŁŁŁ ŁŁŲ§ ŁŁŲ¤ŁŁ
ŁŁŁŁŁŁ
Sesungguhnya dia (setan) dan anak keturunan dari bangsanya dapat melihat kalian sementara kalian tidak dapat melihat mereka. Sesungguhnya Kami telah menjadikan setan-setan itu sebagai pemimpim bagi orang-orang yang tidak beriman. [al-AārĆ¢f/7:27]
Setan adalah musuh manusia yang selalu berupaya menjauhkan mereka dari jalan Allah Azza wa Jalla yang lurus. Setan mengajak para pengikutnya untuk menemaninya di neraka saāir. Allah Azza wa Jalla berfirman:
Ų„ŁŁŁŁ Ų§ŁŲ“ŁŁŁŁŲ·ŁŲ§ŁŁ ŁŁŁŁŁ
Ł Ų¹ŁŲÆŁŁŁŁ ŁŁŲ§ŲŖŁŁŲ®ŁŲ°ŁŁŁŁ Ų¹ŁŲÆŁŁŁŁŲ§ Ū Ų„ŁŁŁŁŁ
ŁŲ§ ŁŁŲÆŁŲ¹ŁŁ ŲŁŲ²ŁŲØŁŁŁ ŁŁŁŁŁŁŁŁŁŁŲ§ Ł
ŁŁŁ Ų£ŁŲµŁŲŁŲ§ŲØŁ Ų§ŁŲ³ŁŁŲ¹ŁŁŲ±Ł
Sesungguhnya setan adalah musuh bagi kalian, maka jadikanlah ia musuh (kalian), sesungguhnya setan itu mengajak para pengikutnya agar menjadi penghuni neraka (saāir) yang menyala-nyalaā [FĆ¢thir/35:6]
Kebiasaan setan adalah mengelabui manusia, menghalangi dari kebaikan dan kebenaran. Dan menggelincirkan manusia dalam kesesatan adalah sumpahnya di hadapan Allah. Allah Azza wa Jalla berfirman tentang ucapan Iblis:
ŁŁŲ§ŁŁ ŁŁŲØŁŁ
ŁŲ§ Ų£ŁŲŗŁŁŁŁŁŲŖŁŁŁŁ ŁŁŲ£ŁŁŁŲ¹ŁŲÆŁŁŁŁ ŁŁŁŁŁ
Ł ŲµŁŲ±ŁŲ§Ų·ŁŁŁ Ų§ŁŁŁ
ŁŲ³ŁŲŖŁŁŁŁŁ
Ł Ų«ŁŁ
ŁŁ ŁŁŲ¢ŲŖŁŁŁŁŁŁŁŁŁ
Ł
ŁŁŁ ŲØŁŁŁŁŁ Ų£ŁŁŁŲÆŁŁŁŁŁ
Ł ŁŁŁ
ŁŁŁ Ų®ŁŁŁŁŁŁŁŁ
Ł ŁŁŲ¹ŁŁŁ Ų£ŁŁŁŁ
ŁŲ§ŁŁŁŁŁ
Ł ŁŁŲ¹ŁŁ Ų“ŁŁ
ŁŲ§Ų¦ŁŁŁŁŁŁ
Ł Ū ŁŁŁŁŲ§ ŲŖŁŲ¬ŁŲÆŁ Ų£ŁŁŁŲ«ŁŲ±ŁŁŁŁ
Ł Ų“ŁŲ§ŁŁŲ±ŁŁŁŁ
Iblis berkata, āKarena Engkau (ya Allah) telah menghukumku untuk tersesat, maka sungguh aku akan menghalanghalangi manusia dari jalan Engkau yang lurus. Kemudian aku akan mendatangi (menggoda) mereka dari hadapan dan dari belakang mereka, dari kanan dan kiri mereka, dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (taat)ā. [al-A`rĆ¢f/7:16-17]
Mereka ada dimana-mana, siap menjadikan manusia sebagai mangsa kesesatannya. Berbagai metode ditempuh agar manusia jauh dari tauhid dan terjebak dalam lumpur kesyirikan atau kubangan dosa kemaksiatan. Semoga Allah k menjaga kita dari setiap keburukan. AmƮn
āTAHAYULā MENGGANGGU KENYAMANAN HATI
Mari kita perhatikan komentar-komentar berikut: āHati-hati lho, ini tempat angker, hihā¦!ā, āAwas, janganjangan, ada penunggunya..!?ā, āJangan sembarangan ah, aku takut mereka marahā¦!ā, āKalau mau selamat, berikan dulu sesajianā¦!ā, āHihā¦, tempat itu ngeri.!ā. Semua ini adalah tebak reka penulis terhadap kalimat-kalimat yang mungkin diucapkan oleh sebagian orang saat berada di tempat-tempat yang dianggap seram. Demikian itu sebagai ungkapan rasa takut dan kekhawatiran mendapat celaka yang terjadi atas diri mereka di tempat tersebut. Bukan rahasia, yang mereka takuti itu adalah para jin atau setan yang dianggap dapat memberikan madharat (celaka) pada kondisi-kondisi tertentu. Parahnya, setelah ketakutan itu menghantui diri manusia yang lemah tauhid, sering kali mereka berlindung dari celaka dan ketakutan dengan cara-cara yang dapat merusak kesucian tauhid, bahkan memusnahkannya. Mereka menyandarkan diri kepada berbagai bentuk sesajen; sesajian berbungkus mistik kelam untuk meredam ketakutan mereka dan mencari ketenangan. Tanpa mereka sadari, tauhid dalam jiwa mereka rusak, seakan tiada mengenal Allah Azza wa Jalla. Padahal, tak satu pun yang berhak diminta perlindungannya selain Allah Azza wa Jalla yang Maha Kuasa. Tiada satu pun yang mampu memberikan perlindungan selain Allah Azza wa Jalla yang Maha Agung lagi Maha Kuasa atas segalanya. Satu hal yang dapat melegakan kita bahwa setan, binatang buas, manusia atau siapapun tidaklah dapat mendatangkan manfaat atau menimpakan madharat melainkan dengan izin Allah Azza wa Jalla. Allah Azza wa Jalla berfirman: āKatakanlah: āSiapakah Rabb langit dan bumi?ā katakan, jawabnya: āAllahā. Katakanlah, āMaka patutkah kamu mengambil pelindung-pelindung bagimu dari selain Allah, padahal mereka tidak memiliki manfaat dan madharrat bagi diri mereka sendiri?!ā⦠Apakah mereka menjadikan sekutu-sekutu bagi Allah yang menciptakan seperti ciptaan-Nya, sehingga kedua ciptaan itu serupa menurut pandangan mereka?!ā. Katakanlah: āAllah adalah Pencipta segala sesuatu dan Dia-lah Rabb yang Maha Esa lagi Maha Perkasaā. [ar-Ra`du/13:16]
Maka hendaknya fenomena seperti ini dicermati dengan seksama dan diluruskan. Tujuannya, agar langkah setiap Muslim sesuai dengan pandangan syariat Islam yang benar dan sejalan dengan tauhid yang diserukan oleh RasulullĆ¢h Shallallahu āalaihi wa sallam dan segenap rasul sebelum beliau, dan agar tauhid ini tetap terjaga kemurniannya serta tidak tercemar dengan hal-hal beraroma syirik yang mendatangkan kebinasaan bagi pelakunya.
BENTENG TAUHID YANG LEMAH
Karena lemahnya benteng tauhid dan dangkalnya ilmu agama, sebagian kaum Muslimin masih larut dalam tahayul yang diwariskan dari masa ke masa. Akibatnya, bermunculan generasi rapuh tauhid yang mudah takut kepada bangsa jin dan setan, kemudian mencari perlindungan dari selain Allah Azza wa Jalla. Apabila mereka berada di tempat yang dianggap angker, atau melewati tempat berhawa menyeramkan, maka sontak bulu kuduk berdiri, keringat dingin membasahi dahi hingga ke ujung-ujung kaki. Mereka takut terjadi petaka pada diri mereka akibat jin penunggu tempat tersebut tidak merestui kehadiran mereka. Bagi sebagian orang, membakar ākemenyanā dan membaca ājampi manteraā tententu dapat membuat jin-jin itu tenang dan lebih akrab. Sebagian lain yang tidak sempat membakar kemenyan atau membaca mantera, mereka gemetar sambil memohon perlindungan kepada para jin untuk bisa menerima kehadiran mereka, dan meminta agar tidak menggangu atau mencelakai. Allah Azza wa Jalla berfirman:
ŁŁŲ£ŁŁŁŁŁŁ ŁŁŲ§ŁŁ Ų±ŁŲ¬ŁŲ§ŁŁ Ł
ŁŁŁŁ Ų§ŁŁŲ„ŁŁŲ³Ł ŁŁŲ¹ŁŁŲ°ŁŁŁŁ ŲØŁŲ±ŁŲ¬ŁŲ§ŁŁ Ł
ŁŁŁŁ Ų§ŁŁŲ¬ŁŁŁŁ ŁŁŲ²ŁŲ§ŲÆŁŁŁŁŁ
Ł Ų±ŁŁŁŁŁŲ§
āDan sesungguhnya sebagian di antara manusia meminta perlindungan kepada beberapa di kalangan bangsa jin, maka para jin itu menambah bagi mereka dosa dan kesalahanā. [al-Jin/72:6]
Pada masa jahiliyah, seseorang yang melewati suatu lembah atau bermalam di sebuah tempat, dan merasakan ketakutan, biasa menyerukan āAku berlindung kepada penguasa lembah ini dari bangsa jin yang mengganggu?!ā. Yakni berlindung kepada penguasa jin di tempat tersebut dari para jin yang mengganggu.[1] Namun, tidaklah permohonan lindungan dari jin itu dilakukan melainkan akan menambah semakin dahsyat ketakutan dan kelemahannya di hadapan jin. Karena itu para Ulama sepakat [2] bahwa memohon perlindungan dari jin hukumnya haram, bahkan justru akan menambah rasa takut serta kegelisahan hati. Sungguh, akibatnya dia akan semakin merasakan takut luar biasa, padahal dia berharap agar dijauhkan dari rasa takut itu. Sebagian Ulama menjelaskan bahwa manusia menjadikan jin semakin jahat dan congkak ketika mereka memohon perlindungan kepada para jin dan mereka menjadikan manusia semakin dihantui rasa takut terhadap para jin. [3]
MACAM-MACAM TAKUT
Para Ulama menjelaskan bahwa takut terbagi menjadi beberapa macamK
Pertama : Takut yang berkedudukan sebagai ibadah, yaitu takut kepada Allah Azza wa Jalla semata. Ini adalah salah satu ibadah hati. Allah Azza wa Jalla berfirman: āDan orang yang takut akan saat menghadap Rabbnya baginya ada dua syurgaā. [ar-Rahman/55:46]
Kedua: Takut yang bernilai syirik, yaitu seorang hamba yang takut kepada selain Allah Azza wa Jalla ; seperti takut kepada jin, mayat, atau selainnya sebagaimana takutnya kepada Allah Azza wa Jalla atau bahkan lebih. Allah Azza wa Jalla berfirman: āSesungguhnya mereka adalah setan yang menakuti para pengikutnya, maka jangan takut terhadap mereka (para setan), dan hanya takutlah kepada-Ku jika kalian benar-benar berimanā. [ali `ImrĆ¢n/3:175]
Ketiga: Takut yang bernilai maksiat, yaitu ketakutan seorang hamba dari para manusia yang mengakibatkan dia meninggalkan kewajiban atau melakukan kemaksiatan. Padahal, kondisi itu belum sampai pada kategori teror paksaan. Maka, ini adalah takut yang bernilai maksiat. Allah Azza wa Jalla berfirman: āJanganlah takut kepada manusia, takutlah hanya kepada-Ku..ā [al-Maidah/5:44]
Keempat: Takut yang wajar sebagai tabiat manusia, sebagaimana ketakutannya kepada musuh, binatang buas, ular berbisa atau semisalnya. Takut jenis ini dimaklumi dengan syarat tidak lebih hanya sekedar takut atau khawatir yang sewajarnya. Allah Azza wa Jalla berfirman (tentang Nabi Musa): āKarena itu Musa menjadi takut (khawatir) di kota itu, dia menunggu dengan cemas dan khawatirā¦ā.[al-QashĆ¢sh/28:18 dan 21]
Kelima: Takut sang pengecut, yaitu takut yang tidak beralasan atau dengan alasan yang tidak masuk akal. Ini adalah takut yang tidak terpuji, pelakunya berhak disebut pengecut. Nabi Muhammad Shallallahu āalaihi wa sallam berlindung diri dari perangai ini. Oleh karena itu, iman yang sempurna, tawakkal dan keberanianlah yang dapat mencegah dari perangai tersebut. [4]
KERJASAMA JIN DAN MANUSIA BERAKIBAT AZAB DI NERAKA
Allah Azza wa Jalla adalah Rabb kita, tiada tempat bernaung selain-Nya, tiada tempat bersandar dari berbagai kesulitan dan kesempitan selain Dia Azza wa Jalla, tiada yang disembah selain Allah Azza wa Jalla. Maka, tidaklah pantas disembah, dimintai doa dan dimintakan perlindungan, atau ditakuti selain Allah Azza wa Jalla. Demi mencapai kesenangan yang semu dan sesaat, masih dijumpai sebagian orang mengambil jalan pintas dengan menjalin kerjasama dengan bangsa setan yang terkutuk. Allah Azza wa Jalla berfirman:
ŁŁŁŁŁŁŁ
Ł ŁŁŲŁŲ“ŁŲ±ŁŁŁŁ
Ł Ų¬ŁŁ
ŁŁŲ¹ŁŲ§ ŁŁŲ§ Ł
ŁŲ¹ŁŲ“ŁŲ±Ł Ų§ŁŁŲ¬ŁŁŁŁ ŁŁŲÆŁ Ų§Ų³ŁŲŖŁŁŁŲ«ŁŲ±ŁŲŖŁŁ
Ł
ŁŁŁŁ Ų§ŁŁŲ„ŁŁŲ³Ł Ū ŁŁŁŁŲ§ŁŁ Ų£ŁŁŁŁŁŁŁŲ§Ų¤ŁŁŁŁ
Ł
ŁŁŁŁ Ų§ŁŁŲ„ŁŁŲ³Ł Ų±ŁŲØŁŁŁŁŲ§ Ų§Ų³ŁŲŖŁŁ
ŁŲŖŁŲ¹Ł ŲØŁŲ¹ŁŲ¶ŁŁŁŲ§ ŲØŁŲØŁŲ¹ŁŲ¶Ł ŁŁŲØŁŁŁŲŗŁŁŁŲ§ Ų£ŁŲ¬ŁŁŁŁŁŲ§ Ų§ŁŁŁŲ°ŁŁ Ų£ŁŲ¬ŁŁŁŁŲŖŁ ŁŁŁŁŲ§ Ū ŁŁŲ§ŁŁ Ų§ŁŁŁŁŲ§Ų±Ł Ł
ŁŲ«ŁŁŁŲ§ŁŁŁ
Ł Ų®ŁŲ§ŁŁŲÆŁŁŁŁ ŁŁŁŁŁŲ§ Ų„ŁŁŁŁŲ§ Ł
ŁŲ§ Ų“ŁŲ§Ų”Ł Ų§ŁŁŁŁŁŁ Ū Ų„ŁŁŁŁ Ų±ŁŲØŁŁŁŁ ŲŁŁŁŁŁ
Ł Ų¹ŁŁŁŁŁ
Ł
Dan di hari Allah menghimpun mereka semua (Allah berfirman): āHai jin, sesungguhnya kamu telah banyak menyesatkan manusiaā, lalu berkatalah kawan-kawan jin dari golongan manusia: āWahai Rabb kami, sesungguhnya sebagian dari kami telah mendapatkan kesenangan dari sebagian (yang lain), dan kami telah sampai kepada waktu yang Engkau tentukan bagi kamiā.Allah berfirman: āNeraka itulah tempat tinggal kalian, kalian kekal di dalamnya, kecuali jika Allah menghendaki (yang lain)ā. Sesungguhnya Rabb kalian Maha bijaksana lagi Maha mengetahuiā. [al-An`Ć¢m/6:128]
Dalam ayat ini digambarkan bahwa sebagian dari jin dan manusia telah mendapatkan pelayanan satu sama lain. Jin merasa senang karena manusia menaatinya, menyembahnya, dan mengagungkannya, bahkan memohon perlindungan darinya. Sementara manusia senang karena mencapai tujuan-tujuannya dengan bantuan jin agar hawa nafsunya terpenuhi. Jadi, sesungguhnya manusia telah menyembah jin kemudian jin memberikan pelayanannya kepada manusia dan tercapai sebagian hajat duniawinya.[5] Allah Azza wa Jalla juga berfirman:
ŁŁŁ
ŁŁ ŁŁŲ¹ŁŲ“Ł Ų¹ŁŁ Ų°ŁŁŁŲ±Ł Ų§ŁŲ±ŁŁŲŁŁ
ŁŁ°ŁŁ ŁŁŁŁŁŁŁŲ¶Ł ŁŁŁŁ Ų“ŁŁŁŲ·ŁŲ§ŁŁŲ§ ŁŁŁŁŁŁ ŁŁŁŁ ŁŁŲ±ŁŁŁŁ ŁŁŲ„ŁŁŁŁŁŁŁ
Ł ŁŁŁŁŲµŁŲÆŁŁŁŁŁŁŁŁ
Ł Ų¹ŁŁŁ Ų§ŁŲ³ŁŁŲØŁŁŁŁ ŁŁŁŁŲŁŲ³ŁŲØŁŁŁŁ Ų£ŁŁŁŁŁŁŁ
Ł
ŁŁŁŁŲŖŁŲÆŁŁŁŁ
āDan barangsiapa yang berpaling dari mengingat Allah Yang Maha penyayang, Kami jadikan baginya setan (yang menyesatkan). Maka, setan itu menjadi teman yang selalu menyertainya. Dan sesungguhnya para setan itu benarbenar menghalangi mereka dari jalan yang benar, dan mereka menyangka bahwa mereka mendapat petunjukā. [az-Zukhruf/43:35-36]
Lihatlah bagaimana Allah Azza wa Jalla memastikan kesesatan dan menjadikan neraka sebagai tempat pembalasan bagi orang-orang yang telah menjadikan jin sebagai pelindung yang diagungkan, ditakuti, ditaati dan dinanti perkara-perkara gaib darinya. āIyĆ¢dzan billĆ¢h.
BAGAIMANA SEHARUSNYA BERLINDUNG?
Kepada siapa meminta perlindungan dari gangguan setan? Hakekat memohon perlindungan adalah lari menghindar dari sesuatu yang ditakuti menuju siapapun yang dapat memberikan perlindungan dan keselamatan.[6] Ketahuilah sesungguhnya memohon perlindungan hanya kepada Allah Azza wa Jalla berpasrah diri kepada-Nya dari segala keburukan. Allah Azza wa Jalla berfirman:
ŁŁŁŁ Ų£ŁŲ¹ŁŁŲ°Ł ŲØŁŲ±ŁŲØŁŁ Ų§ŁŁŁŁŁŁŁŁ Ł
ŁŁ Ų“ŁŲ±ŁŁ Ł
ŁŲ§ Ų®ŁŁŁŁŁ
Katakanlah: āAku berlindung kepada Rabb Yang menguasai al-Falaq. Dari kejahatan makhluk-Nyaā. [al-Falaq/113:1-2]
ŁŁŁŁ Ų£ŁŲ¹ŁŁŲ°Ł ŲØŁŲ±ŁŲØŁŁ Ų§ŁŁŁŁŲ§Ų³Ł
Katakanlah: āAku berlindung kepada Rabb (Yang memelihara dan menguasai) manusiaā. [an-NĆ¢s/114:1]
Setiap perbuatan atau perkataan yang di dalamnya terdapat permintaan adalah ibadah. Maka, memohon perlindungan adalah suatu bentuk ibadah. [7] Dengan demikian, tidak dibenarkan hal itu ditujukan kepada selain Allah Azza wa Jalla, karena itu adalah perbuatan syirik. Jadi, mengharap kebaikan hanya kepada Allah Azza wa Jalla. Dialah Yang Maha menghidupkan, mematikan dan membangkitkan. Allah Azza wa Jalla berfirman:
ŁŁŲ§ŲŖŁŁŲ®ŁŲ°ŁŁŲ§ Ł
ŁŁ ŲÆŁŁŁŁŁŁ Ų¢ŁŁŁŁŲ©Ł ŁŁŁŲ§ ŁŁŲ®ŁŁŁŁŁŁŁŁ Ų“ŁŁŁŲ¦ŁŲ§ ŁŁŁŁŁ
Ł ŁŁŲ®ŁŁŁŁŁŁŁŁ ŁŁŁŁŲ§ ŁŁŁ
ŁŁŁŁŁŁŁŁ ŁŁŲ£ŁŁŁŁŲ³ŁŁŁŁ
Ł Ų¶ŁŲ±ŁŁŲ§ ŁŁŁŁŲ§ ŁŁŁŁŲ¹ŁŲ§ ŁŁŁŁŲ§ ŁŁŁ
ŁŁŁŁŁŁŁŁ Ł
ŁŁŁŲŖŁŲ§ ŁŁŁŁŲ§ ŲŁŁŁŲ§Ų©Ł ŁŁŁŁŲ§ ŁŁŲ“ŁŁŲ±ŁŲ§
Mereka mengambil sesembahan-sesembahan selain Allah Azza wa Jalla (untuk disembah), sesembahan-sesembahan itu tidak menciptakan apapun, bahkan mereka sendiri diciptakan dan tidak kuasa untuk menolak suatu madharat dari diri mereka dan tidak pula dapat memberi suatu manfaat, dan (juga) tidak kuasa mematikan atau menghidupkan dan tidak (pula) membangkitkan.[al-Furqân/25:3]
āPerlu diketahui bahwa suatu bentuk permintaan dapat berbeda predikat dan ragamnya tergantung siapa yang diminta. Apabila pihak yang diminta setara (dengan yang meminta) maka disebut mencari (iltimĆ¢s), apabila yang diminta lebih rendah maka itu disebut perintah. Namun, apabila yang diminta lebih tinggi maka disebut memohon (berdoa). Tidak diragukan bahwa seorang yang memohon perlindungan, dia tengah meminta kepada yang lebih tinggi darinyaā¦ā [8]. Allah Azza wa Jalla memerintahkan kita agar memohon perlindungan dari gangguan setan hanya kepada-Nya. Allah Azza wa Jalla berfirman:
ŁŁŁŁŁ Ų±ŁŁŲØŁŁ Ų£ŁŲ¹ŁŁŲ°Ł ŲØŁŁŁ Ł
ŁŁŁ ŁŁŁ
ŁŲ²ŁŲ§ŲŖŁ Ų§ŁŲ“ŁŁŁŁŲ§Ų·ŁŁŁŁ ŁŁŲ£ŁŲ¹ŁŁŲ°Ł ŲØŁŁŁ Ų±ŁŲØŁŁ Ų£ŁŁ ŁŁŲŁŲ¶ŁŲ±ŁŁŁŁ
Dan katakanlah: āwahai Rabbi, aku berlindung kepada Engkau dari bisikan-bisikan godaan setan. Dan aku berlindung (pula) kepada Engkau Ya Rabbi, dari kedatangan mereka kepadakuā. [al-MukminĆ»n/23:97-98]
ŁŁŲ„ŁŁ
ŁŁŲ§ ŁŁŁŲ²ŁŲŗŁŁŁŁŁŁ Ł
ŁŁŁ Ų§ŁŲ“ŁŁŁŁŲ·ŁŲ§ŁŁ ŁŁŲ²ŁŲŗŁ ŁŁŲ§Ų³ŁŲŖŁŲ¹ŁŲ°Ł ŲØŁŲ§ŁŁŁŁŁŁ Ų„ŁŁŁŁŁŁ ŁŁŁŁ Ų§ŁŲ³ŁŁŁ
ŁŁŲ¹Ł Ų§ŁŁŲ¹ŁŁŁŁŁ
Ł
Dan jika setan mengganggumu dengan suatu gangguan,maka mohonlah perlindungan kepada Allah.Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha mendengar lagi Maha mengetahuiā. [Fushshilat/41:36]
Seorang Mukmin hendaknya berlindung kepada Allah Azza wa Jalla semata dari segala keburukan yang menimpanya, baik dari pertemuan dengan para setan, kehadiran mereka yang mengejutkan, ajakan kesesatan, bisikan ataupun godaan mereka untuk berbuat kemaksiatan. Apabila Allah Azza wa Jalla melindungi hamba-Nya dari keburukan ini dan mengabulkan permohonannya, maka dia akan selamat dari segala celaka dan keburukan, serta diberikan taufik untuk melakukan segala kebaikan.
SEMUA ADA TUNTUNANNYA DALAM ISLAM
Islam adalah agama yang sempurna. Tiada satupun permasalahan yang menjadi petaka bagi manusia disebabkan Islam belum menjelaskannya. Terlebih jika perkara itu terkait erat dengan konsistensi tauhid seorang hamba. Pastilah Islam menjauhkan kaum Mukminin dari berbagai kesyirikan. Dengan Islam ketentraman akan datang, keselamatan akan selalu menyertai, tauhid akan menjadi penyejuk hati yang mendamaikan hidup dan menerangi setiap langkah mereka. Berlindung dari apapun yang membahayakan kita hanya kepada Allah Azza wa Jalla adalah cerminan tauhid. Lihatlah bagaimana Rasulullah Shallallahu āalaihi wa sallam memberikan keteladanan kepada kita selaku umatnya.
Ų¹ŁŁŁ Ų®ŁŁŁŁŁŲ©Ł ŲØŁŁŁŲŖŁ ŲŁŁŁŁŁŁ
Ł Ų§ŁŲ³ŁŁŁŁŁ
ŁŁŁŁŲ©Ł ŁŁŲ§ŁŁŲŖŁ : Ų³ŁŁ
ŁŲ¹ŁŲŖŁ Ų±ŁŲ³ŁŁŁŁŁ Ų§ŁŁŁŁŁŁ ŲµŁŁŁ Ų§ŁŁŁŁŁŁ Ų¹ŁŁŁŁŁŁŁ ŁŁŲ³ŁŁŁŁ
ŁŁŁŁŁŁŁŁ : ((Ł
ŁŁŁ ŁŁŲ²ŁŁŁ Ł
ŁŁŁŲ²ŁŁŲ§Ł Ų«ŁŁ
ŁŁ ŁŁŲ§ŁŁ āŲ£ŁŲ¹ŁŁŁŲ°Ł ŲØŁŁŁŁŁŁ
ŁŲ§ ŲŖŁ Ų§ŁŁŁŁŁŁ Ų§ŁŲŖŁŁŲ§Ł
ŁŁŲ§ ŲŖŁ Ł
ŁŁŁ Ų“ŁŲ±ŁŁ Ł
ŁŲ§ Ų®ŁŁŁŁŁ āŲ ŁŁŁ
Ł ŁŁŲ¶ŁŲ±ŁŁŁŁ Ų“ŁŁŁŲ¦Ł ŲŁŲŖŁŁŁ ŁŁŲ±Ł ŲŖŁŲŁŁŁ Ł
ŁŁŁ Ł
ŁŁŁŲ²ŁŁŁŁŁ Ų°ŁŁŁŁŁ))
Dari Khaulah binti Hakim as-Sulamiyyah Radhiyallahu āanhuma ia berkata: aku telah mendengar RasulullĆ¢h Shallallahu āalaihi wa sallam bersabda: āBarangsiapa singgah di sebuah tempat dan dia membaca āŲ£ŁŲ¹ŁŁŁŲ°Ł ŲØŁŁŁŁŁŁ
ŁŲ§ ŲŖŁ Ų§ŁŁŁŁŁŁ Ų§ŁŲŖŁŁŲ§Ł
ŁŁŲ§ ŲŖŁ Ł
ŁŁŁ Ų“ŁŲ±ŁŁ Ł
ŁŲ§ Ų®ŁŁŁŁŁ ā (aku berlindung dengan firman-firman Allah yang sempurna dari keburukan apapun yang telah Allah ciptakan), maka tiada satu pun dapat mencelakakannya hingga dia meninggalkan tempat tersebutā. Dalam riwayat lain (disebutkan dengan bentuk perintah): āJika salah seorang di antara kalian singgah di sebuah tempat hendaklah ia membacaā¦.!!ā.[9]
Inilah syariat Islam dalam memohon perlindungan. Yakni agar berlindung kepada Allah Azza wa Jalla dengan firman-firman-Nya yang sempurna, yang tiada kekurangan atau aib padanya. Bukan berlindung kepada para jin, setan atau mantera azimat dukun, sebagaimana dilakukan oleh sebagian orang di zaman ini yang ternyata tidak jauh berbeda dengan apa yang dilakukan oleh kaum jahiliyah. Itu adalah perbuatan syirik karena memohon perlindungan adalah ibadah padahal ibadah hanyalah ditujukan kepada Allah Azza wa Jalla semata. Allah Azza wa Jalla berfirman: āKatakanlah: āMengapa kamu menyembah selain daripada Allah, sesuatu yang tidak dapat member madharrat kepadamu dan tidak (pula) member manfaat?ā dan Allah-lah yang Maha mendengar lagi Maha mengetahuiā. [al-MĆ¢idah: 76]
Ibnul Qayyim rahimahullah berkata, āBarangsiapa menyajikan sembelihan untuk setan, berdoa kepadanya, memohon bantuan dan lindungan darinya, mendekatkan diri kepada setan dengan sesuatu yang setan sukai, maka sungguh dia telah menyembah setan itu sekalipun dirinya tidak menamakan hal tersebut sebagai ibadahā¦ā. [10]
Islam telah mengajarkan semua petunjuk berlindung dari berbagai hal yang mungkin menimbulkan bahaya kepada kita termasuk dari gangguan para setan. Mari kita cermati baik-baik doa dan dzikir-dzikir berikut ini. Semua telah diajarkan Rasulullah Shallallahu āalaihi wa sallam :
Ų§ŁŁŁŁŁŁ
ŁŁ Ų„ŁŁŁŁŁ Ų£ŁŲ¹ŁŁŁŲ°Ł ŲØŁŁŁ Ł
ŁŁŁ Ų§ŁŁŲ®ŁŲØŁŲ«Ł ŁŁŲ§ŁŁŲ®ŁŲØŁŲ§ Ų¦ŁŲ«Ł
Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari setan laki-laki dan setan perempuan. [Doa masuk wc, HR. Muslim]
Ų£ŁŲ¹ŁŁŁŲ°Ł ŲØŁŲ§ŁŁŁŁŁŁ Ų§ŁŁŲ¹ŁŲøŁŁŁŁ
Ł ŁŁŲØŁŁŁŲ¬ŁŁŁŁŁ Ų§ŁŁŁŁŲ±ŁŁŁŁ
Ł ŁŁŲ³ŁŁŁŲ·ŁŲ§ ŁŁŁŁ Ų§ŁŁŁŁŲÆŁŁŁ
Ł Ł
ŁŁŁ Ų§ŁŲ“ŁŁŁŁŲ·ŁŲ§ŁŁŲ§ŁŲ±ŁŁ Ų¬ŁŁŁŁ
Ł
Aku berlindung kepada Allah Yang Maha agung, dengan wajah-Nya yang mulia, kekuasaan-Nya yang terdahulu dari godaan setan yang terkutukā. [Doa masuk masjid: HR Abu DĆ¢wud]
Ų§ŁŁŁŁŁŁŁ
ŁŁ Ų§Ų¹ŁŲµŁŁ
ŁŁŁŁŁ Ł
ŁŁŁŲ§ŁŲ“ŁŁŁŁŲ·ŁŲ§ ŁŁ Ų§ŁŲ±ŁŁŲ¬ŁŁŁŁ
Ł
ā⦠ya Allah, lindungi aku dari setan yang terkutukā. [Bagian dari doa keluar masjid: HR Ibnu MĆ¢jah]
Ų£ŁŲ¹ŁŁŁŲ°Ł ŲØŁŁŁŁŁŁ
ŁŲ§ŲŖŁ Ų§ŁŁŁŁŁŁ Ų§ŁŲŖŁŁŲ§Ł
ŁŁŲ©Ł Ł
ŁŁŁ ŁŁŁŁŁ Ų“ŁŁŁŲ·ŁŲ§ŁŁ ŁŁŁŁŲ§Ł
ŁŁŲ©Ł ŁŁŁ
ŁŁ ŁŁŁŁŁ Ų¹ŁŁŁŁŁ ŁŲ§ŁŁ
ŁŁŲ©Ł
Aku memohon perlindungan (kepada Allah) bagi kalian berdua dengan firman-firman Allah yang sempurna dari gangguan setan dan binatang, serta dari bahaya sihir āain yang tajam. [Doa perlindungan bagi anak, HR al-BukhĆ¢ri]
ŲØŁŲ§Ų³ŁŁ
Ł Ų§ŁŁŁŁŁŁ Ų§ŁŁŁŁŁŁŁ
ŁŁ Ų¬ŁŁŁŲØŁŁŁŲ§ Ų§ŁŲ“ŁŁŁŁŲ·ŁŲ§ŁŁ ŁŁŲ¬ŁŁŁŁŲØŁŁ Ų§ŁŲ“ŁŁŁŁŲ·ŁŲ£ ŁŁ Ł
ŁŲ§ Ų±ŁŲ²ŁŁŁŲŖŁŁŁŲ§
Dengan menyebut nama Allah . Ya Allah, hindarkan kami dari setan. Jauhkan setan dari (anak) yang Engkau karuniakan kepada kamiā [Doa berkumpul dengan isteri, HR al-BukhĆ¢ri, Muslim]
Ų£ŁŲ¹ŁŁŁŲ°Ł ŲØŁŁŁŁŁŁ
ŁŲ§ ŲŖŁ Ų§ŁŁŁŁŁŁ Ų§ŁŲŖŁŁŲ§Ł
ŁŁŲ§ŲŖŁ Ų§ŁŁŁŲŖŁŁ ŁŲ§Ł ŁŁŲ¬ŁŲ§ŁŁŲ²Ł ŁŁŁŁŁ ŲØŁŲ±ŁŁ ŁŁŁŲ§Ł ŁŁŲ§ Ų¬ŁŲ±Ł Ł
ŁŁŁ Ų“ŁŲ±ŁŁ Ł
ŁŲ§ Ų®ŁŁŁŁŁ ŁŁŲ°ŁŲ±ŁŲ£Ł ŁŁŲØŁŲ±ŁŲ£Ł ŁŁŁ
ŁŁŁ Ų“ŁŲ±ŁŁ Ł
ŁŲ§ ŁŁŁŁŲ²ŁŁŁ Ł
ŁŁŁ Ų§ŁŲ³ŁŁŁ
ŁŲ§Ų”Ł ŁŁŁ
ŁŁŁ Ų“ŁŲ±ŁŁ Ł
ŁŲ§ ŁŁŲ¹ŁŲ±ŁŲ¬Ł ŁŁŁŁŁŁŲ§ ŁŁŁ
ŁŁŁ Ų“ŁŲ±ŁŁ Ł
ŁŲ§ Ų°ŁŲ±ŁŲ£Ł ŁŁŁ Ų§ŁŁŲ£ŁŲ±ŁŲ¶Ł ŁŁŁ
ŁŁŁ Ų“ŁŲ±ŁŁ Ł
ŁŲ§ ŁŁŲ®ŁŲ±ŁŲ¬Ł Ł
ŁŁŁŁŁŲ§ ŁŁŁ
ŁŁŁ Ų“ŁŲ±ŁŁ ŁŁŲŖŁŁŁ Ų§ŁŁŁŁŁŁŁŁ ŁŁŲ§ŁŁŁŁŁŁŲ§Ų±Ł ŁŁŁ
ŁŁŁ Ų“ŁŲ±ŁŁ ŁŁŁŁŁ Ų·ŁŲ§Ų±ŁŁŁ Ų„ŁŁŲ§ŁŁ Ų·ŁŲ§Ų±ŁŁŁŲ§ ŁŁŲ·ŁŲ±Ł ŁŁ ŲØŁŲ®ŁŁŁŲ±Ł ŁŁŲ§ Ų±ŁŲŲŁŁ
ŁŁŁ
Aku berlindung dengan firman-firman Allah yang sempurna, yang tidak bisa ditembus oleh para hamba yang shalih apalagi yang fasik, dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan yang turun dari langit atau yang naik ke atas langit, serta dari segala kejahatan makhluk di bumi. Juga dari kejahatan yang keluar dari perut bumi, dari kondisi buruk kekacauan di siang dan malam, serta dari kejahatan tamu di tengah malam, kecuali yang bermaksud baik, wahai ar-RahmĆ¢nā¦ā¦..ā¦ā [Doa mengusir setan jahat, HR. Ahmad]
Dan masih banyak lagi contoh-contoh tuntunan Rasulullah n bagi kita selaku umatnya dalam berlindung diri dari berbagai keburukan setan. Barangsiapa menghidupkan sunnah Rasulullah Shallallahu āalaihi wa sallam dalam memohon perlindungan kepada Allah Azza wa Jalla, maka sungguh dia telah mencerminkan tauhid dirinya kepada Allah Azza wa Jalla .
BEBERAPA HIKMAH YANG DAPAT DIPETIK DARI PEMBAHASAN SINGKAT DI ATAS:
1. Islam mengajarkan umatnya untuk mempercayai adanya bangsa jin dan setan. Agar diwaspadai godaannya, bukan untuk ditakuti madharratnya, sebab tidak ada yang kuasa memberikan manfaat atau madharrat selain dengan izin Allah Azza wa Jalla.
2. Gangguan dan godaan setan mungkin datang kapan saja, namun seorang Mukmin dapat menghadapi dengan kekuatan tauhidnya yaitu berlindung kepada Rabb Azza wa Jalla Yang Maha segalanya.
3. Tidak dibenarkan takut kepada setan, apalagi meminta perlindungan kepada setan dari gangguannya. Karena yang demikian adalah syirik. Ketakutan itu justru akan menambah kejahatan dan kecongkakan setan terhadap manusia, setan akan menyiksa manusia dan membuat mereka semakin gelisah serta ketakutan.
4. Meyakini tempat-tempat seram yang bertuan ājinā serta takut karenanya adalah tahayul yang merusak kesucian tauhid. Karena pada saat itu dia seakan lupa akan perlindungan dan kekuasaan Allah Azza wa Jalla terhadap para hamba yang memohon perlindungan dari-Nya Azza wa Jalla.
5. Selayaknya bagi seorang Mukmin untuk memahami klasifikasi ātakutā sebagaimana dijelaskan para Ulama, agar dirinya dapat menempatkan segala sesuatu pada tempatnya.
6. Wajib memohon perlindungan hanya kepada Allah Azza wa Jalla semata, baik dari gangguan setan atau dari keburukan apapun karena itulah cerminan tauhid.
7. Kerjasama atau barter jasa dan manfaat dengan para jin untuk mendapatkan sekelumit kenikmatan duniawi adalah kesyirikan yang akan berujung adzab Allah Azza wa Jalla.
8. Islam telah menuntun umatnya untuk segala kebaikan, mengokohkan tauhidnya dan menjauhkan diri dari kesyirikan yang akan menyengsarakannya di dunia dan di akhirat.
Semoga Allah Azza wa Jalla senantiasa membimbing setiap langkah kita, menjadikan kita hamba-Nya yang bertauhid di manapun kita berada, menerangi setiap lembaran hidup kita dengan pelita ilmu. Melimpahkan kebaikan dan kebahagiaan di dunia dan di akherat. AmƮn.
(Penulis adalah staf pengajar Pesantren Islam al-Irsyad Tengaran)
[Disalin dari majalah As-Sunnah Edisi 11/Tahun XIII/1431H/2010M. Diterbitkan Yayasan Lajnah Istiqomah Surakarta, Jl. Solo ā Purwodadi Km.8 Selokaton Gondanrejo Solo 57183 Telp. 0271-858197 Fax 0271-858197]
_______
Footnote
[1]. Fathul-MajĆ®d: 196, TaisĆ®rul-āAzĆ®zil-HamĆ®d: 176-177, At-TamhĆ®d: 171, Al-Qaulul-MufĆ®d: 162. Lihat juga kitab-kitab tafsir dalam penjabaran makna ayat di atas
[2]. Kesepakatan ini disebutkan dalam Fathul-MajƮd: 196
[3]. Al-Qaulul-MufƮd: 162
[4]. Al-Qaulul-MufƮd fƮ Adillatit-TauhƮd: 110-113
[5]. TaisĆ®rul-āAzĆ®zil-HamĆ®d: 177, lihat juga tafsir Saādi
[6]. TaisĆ®rul-āAzĆ®zil-HamĆ®d: 175, At-TamhĆ®d: 167
[7]. At-TamhƮd: 168
[8]. At-TamhƮd: 168
[9].Keduanya diriwayatkan oleh Imam Muslim
[10]. Dinukil dari TaisĆ®rul-āAzĆ®zil-HamĆ®d: hlm 179. Lihat BadĆ¢iāul-FawĆ¢id: 2/461
Read moreĀ https://almanhaj.or.id/3120-berlindung-diri-dari-makhluk-halus.html
Oleh:Ā Ustadz Rijal Yuliar, Lc