8 Agustus 2020
menyambut ramadhan

Doa Menyambut Ramadhan

Ramadhan 1441 Hijriyah tahun ini diperkirakan jatuh pada Jumat, 24 April 2020. Umat Islam di Tanah Air sedang bergembira menyambut bulan suci tersebut.

Ketua Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LF PBNU), KH Sirril Wafa mengatakan, ketika Ramadhan tiba, sudah sepatutnya umat Islam menyambutnya dengan suka cita dan penuh syukur karena bisa dipertemukan kembali dengan bulan yang berkah ini.

“Ketika bulan suci Ramadhan tiba, Rasulullah SAW menyambutnya dengan baik dan seraya berdoa atas kedatangan bulan ampunan ini,” kata Kiai Sirril belum lama ini.

Imam Nawawi dalam Kitab Almajmu mencantumkan hadist yang berisi doa Nabi Muhammad ketika menyambut Ramadhan,

انَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا رَأَى الْهِلالَ قَالَ : ” اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْيُمْنِ وَالإِيمَانِ وَالسَّلامَةِ وَالإِسْلامِ رَبِّي وَرَبُّكَ اللَّهُ

Artinya: “Sesungguhnya Nabi SAW ketika telah melihat hilal Ramadhan, beliau berdoa; Allahumma ahillahu ‘alaina bil yumni wal imani was salamati wal islam. Rabbi wa rabbukallah (Ya Allah jadikanlah hilal (bulan) ini bagi kami dengan membawa keberkahan, keimanan, keselamatan, dan keislaman. Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah.”(HR. Tirmidzi).

Ketika Ramadhan tiba maka umat Islam diperintahkan untuk berbuat amal saleh sebanyak mungkin. Salah satu yang diwajibkan adalah puasa, dan hukumnya adalah wajib bagi setiap muslim. Namun terkecuali sedang ada udzur atau halangan yang menghalangi ibadah puasa.

Berikut ini adalah niat puasa di bulan Ramadhan:

Baca Juga  Perkenalkan Saya Adalah Manusia

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghodin ‘an adaai fardhi syahri romadhoona haadzihis sanati lillahi ta’ala.

Artinya: “Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta’ala.”

Waktu puasa Ramadhan adalah selama satu bulan penuh, yaitu dari waktu Subuh datang hingga azan Magrib berkumandang. Berikut adalah doa berbuka puasa yang umumnya dibaca oleh umat Islam,

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa’ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin.

Artinya: “Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa, dan kepada-Mu aku beriman, dan dengan rezeki-Mu aku berbuka. Dengan rahmat-Mu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang.”

Selain puasa, banyak ibadah lainnya yang dianjurkan yaitu Sholat Tarawih, memperbanyak membaca Alquran, hingga bersedekah apalagi di saat wabah Covid-19 ini. Insya Allah pahalanya berlipat ganda.

Pilihan Lain

Selamat datang di layanan kami Setuju Lain Kali

Privacy & Cookies Policy