25.3 C
Indonesia
16 Juli 2019
Agama

Enam Keterasingan Beragama Yang Diperingatkan Nabi


Keterasingan adalah hal yang dianggap aneh apabila hal tersebut berada pada sesuatu yang bukan pada tempatnya. Oleh karenanya agar tidak terjadi keterasingan maka sesuatu konten harus disesuaikan dengan konteksnya. Keterasingan pada hakekatnya menimbulkan dua hal, yang pertama adalah membuat hal tersebut menjadi aneh, dan kedua adalah membuat hal tersebut menjadi berbeda dengan yang lainya.
Yang perlu disadari adalah bahwa terkadang keterasingan akan membuat orang selamat, hal ini dikarenakan karena dengan terasing atau lebih tepatnya mengasingkan diri akan membuat seseorang tersebut terhindar dari dosa dan maksiat kepada Allah. Bahkan dalam hal lain tak jarang pula keterasingan membuat seseorang jauh lebih produktif dalam hidupnya, misalnya dengan diasingkan banyak para tokoh lebih produktif dalam berkarya dan menulis buku. Keterasingan juga selalu melekat kepada orang-orang besar yang sangat berpengaruh dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, misalnya berapa banyak tokoh perjuangan Indonesia yang diasingkan ke pulau terpencil seperti Soekarno ke pulau Bangka, bahkan Syekh Yusuf Al-Makasari diasingkan sampai ke Cape Town, Afrika Selatan.
Keterasingan adalah keadaan awal dari sesuatu dan akhir dari sesuatu, kenapa bisa dikatakan seperti itu..? karena pada dasarnya hal yang pertama kali muncul atau diciptakan akan sangat asing bagi khalayak ramai. Dan pada dasarnya hal yang terakhir itu terasing pula dari keramaian karena sudah mulai terlupakan. Hal ini seperti yang disabdakan oleh Nabi “Islam datang dalam keadaan yang asing, akan kembali pula dalam keadaan asing. Sungguh beruntungnlah orang yang asing”.
Dikatakan dalam sabda nabi tersebut bahwa orang asing itu akan menjadi orang yang beruntung, kenapa hal demikian terjadi…? karena orang yang terasing akan selamat, baik dalam dunia maupun akhirat. orang yang jujur akan terasing dari banyaknya penyebar hoaxs, orang yang berpikir kritis akan terasing dari orang-orang yang seperti buih mengikuti arus. Dengan demikian menjadi terasing dalam hal kebaikan adalah suatu keberuntungan karena hal tersebut menjadi pembeda, namun demikian jangan sampai menjadi terasing dari apa yang telah di peringatkan nabi dalam sabdanya bahwa ada enam hal yang amat sangat terasing dari konteks dan tempatnya
Pertama adalah masjid akan menjadi tempat asing bagi orang-orang yang tidak pernah melakukan sholat didalamnya, terlebih lagi semakin masifnya pembangun masjid yang besar dan megah tanpa diimbangi pembangunan pengisi masjid tersebut, artinya berapa banyak masjid yang sepi dari para jama’ahnya.
Kedua Alquran akan menjadi asing jika berada pada orang yang tidak pernah membacanya, dalam artian Alquran akan menjadi artefak dan barang koleksi setiap rumah, artinya Alquran akan dijadikan pajangan bukan bcaan dan petunjuk hidup.
Ketiga Alquran akan menjadi asing apabila di jaga oleh orang yang munafik, hal ini dikarenakan betapa banyak orang yang yaqin dan percaya akan Alquran akan tetapi perilakunya jauh dari apa yang diyakininya dalam Alquran, atau apa yang diyakininya dalam Alquran tidak pernah dilakukan dalam kehidupan sehari-hari
Keempat adalah perempuan sholihah akan menjadi asing ditengah kaum lelaki yang dholim, padahal dikatakan bahwa perempuan yang taat bagi Allah dan Rosulnya adalah pembagus bagi suatu perkara. Terus bagaiman jika perempuan sholihah tersebut berada pada lingkungan yang tidak tepat..?
Kelima lelaki sholih akan menjadi asing ditengah perempuan yang jelek akhlaknya. Dan yang terakhir atau yang keenam adalah orang pandai [Ulama’] akan menjadi asing ditengah orang-orang yang tidak pernah mendengarkan nasehatnya. Padahal nabi Bersabda bahwanya Allah tidak akan pernah melihat orang yang tidak mau mendengarkan nasehat ulama pada hari kiyamat dengan penglihatan kasih sayang. 
Dengan demikian menjadi terasing dalam hal kebaikan adalah sesuatu yang harus dipertahankan, akan tetapi jangan sampai menjadi terasing dari enam hal yang telah diperingatkan Nabi tersebut.

Related posts

Membaca Kitab Kitab Tentang Bid’ah

Moh Faiq

Punya Utang Shalat Fardhu, Bolehkah Shalat Tarawih?

admin

Amalan Setelah Shalat Jum’at

admin

Perkembangan Tarekat

khalwani ahmad

Memahami Nama dan Sifat Kontradiktif Tuhan

admin

Aborsi dalam Pandangan Hukum Islam

admin

Leave a Comment