1 Oktober 2020
Ketika Khalifah Umar Bebaskan Yerusalem

Ketika Khalifah Umar Bebaskan Yerusalem

Oleh: Firas Al-Khateeb*

Yerusalem adalah kota suci bagi tiga agama monoteistik terbesar–Islam, Yahudi, dan Kristen. Karena sejarahnya yang membentang ribuan tahun, ia memiliki banyak nama: Yerusalem, Al-Quds, Yerushaláyim, Aelia, dan banyak lagi.

Semuanya mencerminkan warisannya yang beragam. Ini adalah kota yang oleh banyak nabi Muslim disebut rumah, dari Sulaiman dan Dawud hingga Isa, semoga keselamatan atas mereka.

Selama kehidupan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam, ia melakukan perjalanan ajaib dalam satu malam dari Mekah ke Yerusalem dan kemudian dari Yerusalem ke Surga – Isra ‘dan Mi’raj.

Namun, selama hidupnya, Yerusalem tidak pernah berada di bawah kendali politik Muslim. Itu akan berubah selama kekhalifahan Umar bin Al-Khattab, khalifah kedua Islam.

Ke Syria

Selama kehidupan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam, Kekaisaran Byzantium memperjelas keinginannya untuk menghilangkan agama Islam yang baru tumbuh di perbatasan selatannya.

Ekspedisi Tabuk kemudian dimulai pada Oktober 630, dengan Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam memimpin pasukan 30 ribu orang ke perbatasan dengan Kekaisaran Byzantium.

Sementara tidak ada tentara Byzantium yang bertemu Muslim untuk bertempur, ekspedisi menandai awal Perang Muslim-Byzantium yang akan berlanjut selama beberapa dekade.

Selama pemerintahan khalifah Abu Bakar dari 632 hingga 634 masehi, tidak ada serangan besar yang dilakukan ke tanah Byzantium.

Sementara selama kekhalifahan Umar bin Al-Khattab, umat Islam mulai berkembang ke wilayah Byzantium. Dia mengirim beberapa jenderal Muslim paling tangguh, termasuk Khalid bin Al-Walid dan Amr bin Al-‘Ash untuk memerangi Byzantium.

Pertempuran Yarmuk yang menentukan pada tahun 636 masehi merupakan pukulan besar bagi kekuatan Byzantium di wilayah tersebut, yang menyebabkan jatuhnya banyak kota di seluruh Suriah seperti Damaskus.

Dalam banyak kasus, pasukan Muslim disambut oleh penduduk setempat – baik Yahudi maupun Kristen.

Mayoritas orang Kristen di wilayah itu adalah orang Monofisit, yang memiliki pandangan lebih monoteistik tentang Tuhan yang serupa dengan apa yang dikhotbahkan oleh orang-orang Islam.

Mereka menyambut pemerintahan Islam atas daerah itu bukannya Byzantium, yang dengannya mereka memiliki banyak perbedaan teologis.

Pembebasan Yerusalem

Pada 637 masehi, pasukan Muslim mulai muncul di sekitar Yerusalem. Yang bertanggung jawab atas Yerusalem adalah Patriark Sophronius, seorang wakil dari pemerintah Byzantium, serta seorang pemimpin di Gereja Kristen.

Meskipun banyak tentara Muslim di bawah komando Khalid bin Al-Walid dan Amr bin Al-‘Ash mulai mengelilingi kota, Sophronius menolak untuk menyerahkan kota kecuali Umar datang untuk menerima penyerahan sendiri.

Setelah mendengar kondisi seperti itu, Umar bin Al-Khattab meninggalkan Madinah, pergi sendirian dengan satu keledai dan satu pelayan.

Ketika dia tiba di Yerusalem, dia disambut oleh Sophronius, yang tidak diragukan lagi pasti kagum bahwa khalifah umat Islam, salah satu orang paling kuat di dunia pada saat itu, berpakaian tidak lebih dari jubah sederhana dan tidak dapat dibedakan dari pelayannya.

Umar diajak tur keliling kota, termasuk Gereja Makam Suci.

Ketika waktu salat tiba, Sophronius mengundang Umar untuk berdoa di dalam Gereja, tetapi Umar menolak. Dia bersikeras bahwa jika dia berdoa di sana, umat Islam di masa mendatang akan menggunakannya sebagai alasan untuk mengubahnya menjadi masjid.

Dengan demikian, bisa mengubah susunan salah satu situs paling suci. Sebagai gantinya, Umar berdoa di luar Gereja, di mana sebuah masjid, disebut Masjid Umar, dan kemudian dibangun di tempat itu.

Perjanjian Umar

Seperti yang dilakukan dengan semua kota lain yang mereka taklukkan, kaum Muslim pun mengadakan perjanjian dengan penguasa Yerusalem saat itu.

Perjanjian ini ditandatangani oleh Umar dan Patriark Sophronius, bersama dengan beberapa jenderal tentara Muslim.

Teks perjanjian itu berbunyi:

Atas nama Tuhan, Yang Maha Pemurah, Yang Maha Penyayang. Ini adalah jaminan keselamatan yang telah diberikan hamba Allah, Umar, Panglima Setia kepada orang-orang Yerusalem. Dia telah memberi mereka jaminan keselamatan bagi diri mereka sendiri untuk harta mereka, gereja mereka, salib mereka, orang sakit dan sehat di kota dan untuk semua tempat ibadah dalam agama mereka.

Gereja-gereja mereka tidak akan dihuni oleh Muslim dan tidak akan dihancurkan. Baik mereka, maupun tanah tempat mereka berdiri, atau salib mereka, atau bangunan mereka tidak akan rusak. Mereka tidak akan dipaksa menjadi Muslim. Tidak ada orang Yahudi yang akan tinggal bersama mereka di Yerusalem.

Orang-orang non-Muslim Yerusalem harus membayar jizyah seperti orang-orang dari kota-kota lain dan harus mengusir Byzantium dan perampok. Orang-orang Yerusalem yang memilih pergi dengan Byzantium, mengambil harta milik mereka dan meninggalkan gereja-gereja mereka dan salib akan aman sampai mereka mencapai tempat perlindungan mereka.

Penduduk desa dapat tetap di kota jika mereka mau, tetapi harus membayar jizyah. Mereka yang berharap bisa pergi dengan Byzantium dan mereka yang ingin bisa kembali ke keluarga mereka. Tidak ada yang diambil dari mereka sebelum panen.

Jika mereka membayar jizyah sesuai dengan kewajiban mereka, maka syarat-syarat yang tercantum dalam surat ini adalah di bawah perjanjian Allah, tanggung jawab Nabi-Nya, para khalifah dan umat Islam.

-Dikuti dari The Great Arab Conquests, dari Tarikh At-Tabari.

Pada saat itu, ini adalah salah satu perjanjian paling progresif dalam sejarah. Sebagai perbandingan, hanya 23 tahun sebelumnya ketika Yerusalem ditaklukkan oleh Persia dari Byzantium, pembantaian diperintahkan.

Pembantaian lain terjadi ketika Yerusalem ditaklukkan oleh Tentara Salib pada 1099 masehi.

Perjanjian Umar mengizinkan orang-orang Kristen di Yerusalem bebas menjalankan agama mereka, seperti yang ditentukan dalam Alquran dan hadis Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam. Ini adalah salah satu jaminan pertama dan paling signifikan dari kebebasan beragama dalam sejarah.

Meskipun ada klausul dalam perjanjian tentang pelarangan orang Yahudi dari Yerusalem, keasliannya masih diperdebatkan. Salah satu pemandu Umar di Yerusalem adalah seorang Yahudi bernama Kaab Al-Ahbar.

Umar selanjutnya mengizinkan orang-orang Yahudi untuk beribadah di Bukit Bait Suci dan Tembok Ratapan, sementara orang-orang Byzantium dilarang melakukan ritual mereka. Dengan demikian, keaslian klausa tentang orang Yahudi dipertanyakan.

Namun, yang tidak dipertanyakan adalah pentingnya perjanjian penyerahan yang progresif dan adil, yang melindungi hak-hak minoritas.

Perjanjian itu menjadi standar untuk hubungan Muslim-Kristen di seluruh bekas Kekaisaran Byzantium, dengan hak-hak orang yang ditaklukkan dilindungi dalam semua situasi, dan memaksa pindah agama tidak pernah dilakukan Umar.

Revitalisasi kota

Umar segera mulai membuat kota ini sebagai landmark Muslim yang penting. Dia membersihkan tempat Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam Mi’raj ke Sidratul Muntaha.

Sebelumnya, orang-orang Kristen telah menggunakan daerah itu sebagai tempat sampah untuk menyinggung orang Yahudi. Umar dan pasukannya bersama dengan beberapa orang Yahudi secara pribadi membersihkannya.

Sisa-sisa peninggalan Khalifah Umar dilindungi oleh Dinasti Umayyah. Yerusalem menjadi pusat utama ziarah dan perdagangan. Kubah Batu ditambahkan untuk melengkapi Masjid Al-Aqsa pada tahun 691 masehi. Banyak masjid dan lembaga publik lainnya segera didirikan di seluruh kota.

Pembebasan Kota Yerusalem di bawah kekhalifahan Umar pada tahun 637 masehi jelas merupakan momen penting dalam sejarah kota tersebut.

Untuk 462 tahun ke depan, yang akan diperintah oleh umat Islam, dengan kebebasan beragama untuk minoritas dilindungi menurut Perjanjian Umar.

Bahkan sekarang, ketika pertempuran terus berlanjut mengenai status kota di masa depan, banyak Muslim, Kristen, dan Yahudi bersikeras bahwa perjanjian mempertahankan kedudukan hukum dan berupaya membantu menyelesaikan masalah Yerusalem saat ini. (A/R2/RS3)

Sumber: Lost Islamic History

*Firas Al-Khateeb adalah seorang peneliti, penulis, dan sejarahwan Muslim asal Amerika yang berspesialisasi dalam dunia Islam. Dia menyelesaikan gelar BA dalam bidang sejarah dari University of Illinois, Chicago, pada 2010. Sejak itu, dia mengajar Sejarah Islam di Universal School di Bridgeview, Illinois. Buku pertamanya adalah “Lost Islamic History”, yang mengulas sejarah masyarakat Muslim di seluruh dunia dengan cara yang ringkas dan mudah dipahami.

Pilihan Lain

Selamat datang di layanan kami Setuju Lain Kali

Privacy & Cookies Policy