Flash Sale! to get a free eCookbook with our top 25 recipes.

Pondok Pesantren Nurul Amanah Bangkan Madura, Sejarah Awal dan Perkembangannya

Pondok Pesantren Nurul Amanah Bangkan Madura, Sejarah Awal dan Perkembangannya
Listen to this article

Sejarah Berdirinya Pond Pondok Pesantren Nurul Amanah

Berdirinya Pondok Pesantren  Nurul Amanah  tidak  bisa dilepaskan  dari jasa – jasa  Al – Marhum  KH.  Makki Syarbini   Pengasuh generasi  ke – Tiga  Pondok Pesantren  Asshomadiyah,  Burneh  Bangkalan, Madura, yang  wafat  pada tahun  1978.

Beliau termasuk salah  satu Ulama’ Besar yang  sukses dalam menyumbangkan  kontribusi lahirnya  generasi   penerus para  Ulama’ dan  Pengasuh  Pondok  Pesantren di Bangkalan.

Drs.KH.M. Jazuli Nur, Lc yang lahir di Bangkalan Tahun 1952  dari  pasangan yang terhormat  Haji  Mohammad Nur dan Hajjah Siti Zulaicha adalah satu  diantara  ribuan santri Pondok Pesantren  Asshomadiyah yang diasuh dan di besarkan oleh  Al-Marhum  KH. Makki Syarbini.

Setelah menimba Ilmu dihadapan Hadratus Syeikh  KH. Makki  Syarbini, beliau   melanjutkan  studinya ke Pondok Pesantren Tebuireng Jombang kemudian ke  Al – Azhar  University Cairo, Mesir.

 Pada tahun 1981 kembali ke tanah air dan mempersunting Putri  KH. Makki Syarbini  yang Nyai  Hj. St. Ma’rifah Makki. Sejak saat itu, beliau mulai mengabdikan dirinya pada Pondok Pesantren Asshomadiyah bersama dengan  jajaran  Dewan Pengasuh  yang lain.

Dalam perkembangan selanjutnya,  setelah mendapat restu dari  kedua  orang tua dan dukungan Dewan Pengasuh  Pondok Pesantren  Asshomadiyah ,

mulai merintis  untuk mendirikan sebuah Pondok Pesantren yang  diharapkan  mampu memenuhi  tuntutan  kebutuhan masyarakat  yang  hiterogen  dan  dinamis  khususnya  di bidang  pendidikan dan  sosial keagamaan dan kemasyarakatan .

Maka  dengan  memohon  Taufiq,   Hidayah  dan  Ridlo Allah  SWT.
dengan penuh tawakkal  dan berserah  diri  kepada  Yang Maha Pengasih  dan Penyayang, pada tahun  1996  didirikanlah  sebuah Pondok Pesantren dibawah.

 Yayasan  Pendidikan  dan  Sosial  Nurul Amanah’’  dengan  modal  sebidang  tanah  wakaf  seluas  600 m3  dari  Ustadz Hasan  Basri, terletak di Jl. Raya Tragah No. 09, desa  Basanah  Tanah  Merah Bangkalan  Madura.

Tempat dan Tanggal Berdirinya Pondok Pesantren Nurul Amanah

Pondok Pesantren Nurul Amanah didirikan oleh  Drs.KH.M.Jazuli Nur,  Lc  dan Nyai Hj. Siti  Ma’rifah  Makky secara yuridis didirikan pada  tanggal  19 Juli  1994 dan di resmikan pada tanggal 7 Juni 1996 pondok pesantren nurul amanah.

Berkedudukan di Jl. Raya tragah desa basanah kabupaten bangkalan madura jawa timur. di bawah  akta Notaris  M. Chotib  Nusron  SH.No. : 04 tanggal  19 Juli 1994 dan berkedudukan  di Bangkalan Madura Jawa Timur.

Sebelum mendirikan pondok pesantren nurul amanah Drs.KH.M.Jazuli Nur,  Lc memohon doa restu kepada beberapa ulamak antara  lain KH. Abdulbar makky kakak ibunya Nyai Hj. Siti  Ma’rifah  Makki dan Pengasuh  Pondok Pesantren  Asshomadiyah pada kala itu.

KH. Nawawi Muhammad salah satu dhuriah raden rahmad sunan ampel KH. Yusuf Tebuireng KH. Anwar Nur pengasuh pondok pesantren Annuroniah Al choliliyah demangan timur.

KH. Abdullah Syachol Cicit Syaichona cholil bangkalan dan KH. Maksum Ahmad Tanggulangin Sidoarjo setelah mendapat doa restu dari kedua orang tua dan dukungan dewan pengasuh pondok pesantren Asshomadiyah kabupaten Bangkalan.

Drs.KH.M.Jazuli Nur,  Lc Mulai merintis untuk mendirikan pondok pesantren yang di harapkan mampu memenuhi tututan kebutuhan masyarakat yang heterogen dan dinamis hususnya di bidang pendidikan, sosial ke agamaan dan kemasyarakatan.

Sebagai langkah awal di bangunlah MTS Nurul Amanah pada tahun 1994 di atas tanah wakof dari ustad hasan basri desa basanah seluas 600 M persegi yang kemudian di kembangkan oleh H. Muhammad Nur yang menjadi 4700 M Persegi.

Peletakan batu pertama MTS Nurul Amanah di letakkan oleh KH. Maksum Ahmad Tanggulangin Sidoarjo dan diresmikan oleh KH. Anwar Nur pengasuh pondok pesantren Annuroniah Al choliliyah demangan timur.

Pada tanggal 7 juni 1996  pada tahun yang samalah di bangun rumah pengasuh, musholah dan pondok putri KH. Muhammad Nur Ayah dari  Drs.KH.M.Jazuli Nur,  Lc adalah perintis dan penyandang dana kical bakal berdirinya pondok pesantren dan lembaga pendidikan Nurul Amanah.

Ibu beliu Nyai Hj. zulaihoh satu garis keturunan dengan KH. Makky Sarbdiini dari garis keturunan Bani Asyir desa kampek kabupaten bangkalan dimana kakek dari KH. Makky Sarbini, KH. Abdullah Asyir menantu KH. Abdul Azizi Bin KH. Abdul Qodhir,

Pengasuh generasi kedua pondok pesantren Roudatul Mutaalimin Al Aziziyah Sebenih kabupten Bangkalan,adalah saudara kandung dari ibu Nyai Hj. Zulaihoh Azi’ yang menurukan kepada Nyai Hj. zulaihoh ibu dari Drs.KH.M.Jazuli Nur,

Drs.KH.M.Jazuli Nur,  Lc menantu dari KH. Makky Sarbini yang mulai kecil di asuh dan dibesarkan oleh beliu di pondok pesantren Asshomadiyah kabupaten Bangkalan. Setelah menimba ilmu di hadapan hadrotussyah KH. Makky Sarbini,

Kemudian melanjudkan studinya ke pondok pesantren tebuireng jombang, lalu melanjudkan studinya ke Al Azhar University cairo mesir pada tahun 1981 lah kembali ketanah Air dan mempersunting putri dari KH. Makky Sarbini yang bernama Nyai Hj. Siti  Ma’rifah  Makki.

Setelah menikah beliu kembali lagi kemesir untuk menyelesaikan studinya dan setelah kembali ketanah air beliu mengabdikan dirinya di pondok pesantren Asshomadiyah burnih kabupaten Bangkalan pondok pesantren mertuanya,

Sampai akhirnya hijrah mendirikan pondok pesantren nurul amanah di basanah tanah merah Bangkalan Madura Jawa Timur, pada saat itu putra putri beliu mash sangat kecil putri tertua masih SD dan putri ke dua masih TK dan yang terakhir masih balita.

Bahkan putra tertua beliu agus Abdus Shomad Nur masih menimba ilmunya di pondok pesantren langitan tuban dan kemudian melanjudkan kuliah di IAN Sunan Ampel Surabaya  yang tinggal di kediaman KH. Muhammad Nur,

Tujuan Didirikannya

1.Meningkatkan pemahaman, dan pengamalan ajaran Islam.
2.Menunjang suksesnya  pembangunan  nasional  khususunya  dibidang pendididkan agama Islam, pengajaran  dan kesejahteraan sosial.
3.Membina  kader bangsa agar berahlakulkarimah,
 berbudi  luhur, berkwalitas, berilmu, beriman  dan bertaqwa.

Tahap Pengelolaan dan Pengembangan Pondok Pesantren Nurul Amanah
1. Periode  Rintisan  ( 1994 – 1997)

Menyadari bahwa tanah waqaf seluas 600 m2 belum memadai untuk dibangun di atasnya sebuah lembaga pendidikan yang representatif maka sebagai langkah awal  Pondok Pesantren melakukan pembebasan  tanah  seluas  4.196 m2 untuk  dibangun   proyek rintisan   antara  lain  :
1. Pembangunan  Gedung  Madrasah
2. Pembangunan  Pondok Putra  dan Pondok Putri
3. Pembangunan Musholla Putra dan Putri
4. Rumah Pengasuh
5. Kamar Mandi / WC

Maka  dengan ridlo  Allah SWT. dan dukungan  dari  semua  pihak  pada  tahun  1996  Yayasan  telah  dapat  mendirikan  Pondok  Pesantren  Nurul  Amanah  dengan  unit  pendidikan  sbb :

1. Pondok Pesantren
2. Madrasah  Diniyah  Awwaliyah  / MI
3. Madrasah  Tsanawiyah  / MTs.
4. SMP Nurul Amanah
5. SMK Nurul Amanah
6. SMAI Nurul Amanah

2. Program  Pembangunan  Tahap I ( 1998- 2003)

Dalam  periode  ini dilakukan pemembebaskan  tanah  disekitar  Pondok  Pesantren  Nurul  Amanah  seluas  20.458  m2  . dengan  demikian  luas  lokasi  Pondok  Pesantren telah berkembang menjadi 25.254  m2.
Adapun  pembangunan sarana  pisik pada  tahapan ini  di prioritaskan  antara  lain  pada  :

1. Pembangunan  Masjid.
2. Pembangunan  Asrama  Guru.
3. Pembangunan  Asrama  Putra
4. Pembangunan  Asrama  Putri
5. Pembangunan  Gedung  Perpustakaan
6. Pembangunan  Gedung  SMAI.

Proyek- proyek pembangunan tersebut seluruhnya  telah selesai dibangun sesuai dengan target waktu yang ditetapkan, kecuali pembangunan gedung SMAI yang diharapkan selesai pada akhir tahun 2002 ternyata hanya bisa menyelesaikan satu lantai saja.

Dalam melaksanakan progam pembangunan jangka panjang, Yayasan telah membuat master plan sebagai acuan dalam melaksanakan tahapan-tahapan pembangunan sesuai dengan skala prioritas dan kemampuan .

3. Program  Pembangunan  Tahap II ( 2004 – 2008 )

Program Pembangunan Pondok Pesantren Nurul Amanah Tahap II, telah dapat membebaskan tanah seluas 6129 m 2  di depan Pondok dan tanah seluas 5054 m 2  dibelakang pondok.
Dengan demikian lokasi Pondok Pesantren Nurul Amanah mencapai 36.437m 2 .
Adapun Pembangunan Fisik  dalam tahap II antara lain :

1. Pembangunan Unit Sekolah Baru SLTP Nurul Amanah
2. Pembangunan Lantai II Gedung SMUI
3. Pembangunan Asrama Pondok Putri 46 X34 m 2
4. Pembangunan Lantai II Gedung SMK

4. Program  Pembangunan  Tahap III ( 2009 – 2013 )

Program Pembangunan Pondok Pesantren Nurul Amanah Tahap III, telah dapat membangun bangunan Fisik  antara lain :
1. Pembangunan Laboratorium IPA SMA Nurul Amanah
2. Pembangunan Laboratorium Komputer MTs. Nurul Amanah

5. Program  Pembangunan  Tahap IV ( 2013 – 2020 )

Program Pembangunan Pondok Pesantren Nurul Amanah Tahap IV, telah dapat membangun bangunan Fisik  antara lain :
1. Pembangunan Lap SMAI
2. Pembangunan Lantai 3 SMK
3. Pembangunan Rusunawa
4. Pebangunan Aula SMAI
5. Pembangunan Lap SMK
6. Pembangunan Kantor Pengurus Pondok Pesantren
7. Pembangunan Asrama Tahfid
8. Pembangunan kapontren
9. Pebangunan BLK (Balai Latihan Kerja)

Kegiatan dan Program yang Diselenggarakan

Dalam  mewujudkan tujuan dan misinya, Pondok Pesantren Nurul  Amanah  menetapkan  lima  program dasar antara  lain  :

1. Program  Pendidikan  dan Pengajaran
2. Program  Dakwah Islamiyah
3. Program  Pembinaan Masyarakat
4. Program  Pembinaan Kader dan Alumni
5. Program Sarana dan Dana

1. Program Pendidikan  dan  Pengajaran

Sistem  Pendidikan  dan Pengajaran  dibawah Yayasan di kelompokkan atas  tiga jenis,  yaitu:

1.  Madrasah  atau  Sekolah  yang  berafiliasi  pada  Depag atau Depdiknas, yaitu  :

v  Madrasah  Tsanawiyah  ( MTs. Nura)
v  Madrasah  Aliyah  ( MA . Nura)
v  Sekolah   Lanjutan Tingkat Pertama  ( SLTP. Nura)
v  Sekolah  Menengah Umum ( SMAI. Nura)
v  Sekolah  Menengah Kejuruan  ( SMK. Nura)

2.  Madrasah  atau Sekolah yang berciri  kepesantrenan  dan  keagamaan  yaitu :

v   Taman  Pendidikan  Al  qur’an  (TPQ. Nura)
v   Madrasah  Diniyah  Awwaliyah  (MDA..Nura)
v   Madrasah  Diniyah  Wustho  ( MDW. Nura)

3. Pengajian Sorogan dan Kursus –kursus

v  Kursus Komputer
v  Pengajian  sorogan kitab kuning
v  Kursus  Bahasa  Arab dan Inggris ( Markazul  Lugoh)
v  Keterampilan  dan penyaluran  bakat
v  Mudzakaroh dan  study club

2.Program Dakwah Islamiyah.

a. Misi  dakwah  dengan metode  penyampaian  lewat media  cetak  dan penerbitan
b. Misi dakwah dengan metode pengajian umum  dan pembinaaan
secara  pribadi. ( individual ).

3.Program Pengabdian Masyarakat

1. Pelayanan  Kesehatan ( PKS )
2. Bantuan Pemberdayaan Umat ( BPU )
3. Santunan anak yatim, anak terlantar, kaum dluafa’ dan faqir miskin ( SA2FM )
4. Pemberian Bea siswa prestasi dan keluarga tidak mampu .

4.Program  pembinaan  kader dan alumni

Pembinaan  kaderisasi Pesantren dan alumni Pesantren yang mempunyai makna  yang amat penting dalam  memelihara  estafet Yayasan Nurul Amanah Al Makky dan  kepemimpinan  bangsa.
dan perjuangan para ulama’  Untuk  itu Yayasan membentuk  Biro Pembinaan  Kader  dan Alumni  yang khusus  memprogram  hal- hal yang  berkenaan  dengan kaderisasi.

5. Program  Sarana dan Dana

Program  ini dirancang  untuk mengatur  manajemen  pengelolaan  unit-unit dibawah Pondok Pesantren Yayasan khususnya  yang berkaitan dengan pengadaan dan  pemeliharaan  sarana   atau  prasarana   serta  upaya  pendanaan .  Untuk  itu dibentuklah  beberapa  lembaga  penunjang  , antara  lain  :

Bagian  Administrasi  dan  ketatausahaaan  . ( TU)

1. Koperasi  Pondok  Pesantren. (KOPONTREN )
2. Badan  Usaha  Non Koperasi  (BUNK ) dikelolah dalam bentuk kemitraan oleh donatur      penyandang dana yang terhormat Bpk. HM. Nur sekeluarga
3. Bagian  Pengadaan  dan Pemeliharaan  Sarana dan  Prasarana  fisik (P2SF )
4. Bagian  Pemeliharaan  dan  Perluasan Tanah  Waqaf   ( BP2TW ).

Penutup

Perjalanan  Pondok Pesantren  masih  amat  panjang  untuk sampai  pada  tujuan atau visi dan misi pesantren untuk  pengabdian  dan perjuangan  yang  tiada  bartas  akhir  sejalan dengan  dinamika  yang di butuhan oleh  Masyarakat  dalam  Pendidikan  dan kesejahteraan  hidup  lahir  batin,  dunia  dan  akhirat .

Semoga  Allah SWT.  Memberi  kakuatan, taufiq, hidayah  dan Inayahnya  agar  Yayasan  Nurul  Amanah Al Makky senantiasa  berkembang  penuh  barokah dan bermanfaat  bagi  kepentingan  Agama, Bangsa  dan Negara,  Amiin.

Tulisan ini disadur dari situs resmi PP. Nurul Amanah, Tanah Merah, Bangkalan, Madura