25.5 C
Indonesia
25 Agustus 2019
Puasa, Alat Untuk Menaklukan Iblis 1

Puasa, Alat Untuk Menaklukan Iblis

Iblis adalah salah satu mahluk yang diciptakan Allah yang tugas utamanya mengganggu dan mengajak manusia untuk berbuat kejahatan. Awalnya Iblis adalah mahluk yang paling taat kepada Allah, namun karena kesombonganya yang tidak mau sujud kepada nabi adam, hanya lantaran Adam diciptakan dari tanah sedangkan Iblis diciptakan dari api membuat Iblis ingkar kepada tuhannya.

Karena kesombongan yang berujung pada keingkaran inilah kemudian Allah melaknat iblis. Iblis sudah dipastikan mendapat laknat tuhan sehingga Iblis berusaha sekuat tenaga untuk mengajak manusia agar juga mendapat laknat tuhan. Dengan pernyataan Iblis ini sehingga sudah menjadi nyatalah siapa musuh manusia sebenarnya.

Kesombongan adalah sifat Iblis, oleh karenanya agar manusia tidak mendapakan laknat tuhan manusia tidak boleh menggenggam sifat ini, amat bahaya apabila manusia berani menggenggam sifat ini, karena sesungguhnya yang berhak menggunakan sifat ini hanyalah Allah semata, karena hanyalah Allahlah yang mampu membuat apa saja.

Nah untuk membongkar jebakan Iblis selain menghindari sifat sombong, manusia diharuskan untuk menahan pandangan, karena pandangan menurut sabda nabi merupakan jebakan Iblis, Nabi bersabda pandangan atau melihat adalah panah Iblis.

Dengan demikian maka barang siapa yang menjaga pandangan karena takut kepada Allah SWT maka akan diberinya keimanan yang manisnya dapat dirasakan hati.

Perlu diketahui juga bahwa awal dari segala sesuatu yang jahat biasanya dimulai dari pandangan oleh karenanya upaya paling efekif untuk membongkar jebakan Iblis adalah dengan cara menjaga pandangan.

Cara kedua untuk membongkar jebakan Iblis adalah dengan menjaga lisan dari mengucapkan sesuatu yang tidak perlu dan tidak ada manfaatnya, karena lisan ini sangat berbahaya, nabi bersabda seorang muslim adalah apabila seseorang selamat dari lisan dan perbuatannya, dengan demikian apabila tidak bisa menjaga lisan maka akan menyakiti yang lain, nah saling menyakiti ini adalah sesuatu yang menjadi jebakan Iblis untuk membuat manusia dilaknat Tuhanya.

Cara ketiga adalah adalah dengan menjaga pendengaran dari mendengar sesuatu yang diharamkan oleh Allah, karena orang yang mendengar bersekurtu dengan yang mengucapkanya, maka apabila yang didengar adalah sesuatu yang jelek maka sama saja bersekutu dalam kejelekan,

Ketiga cara untuk membongkar jebakan Iblis tersebut terdapat dalam satu ibadah yaitu Puasa, oleh karenanya cara yang paling efektif untuk membongkar jebakan Iblis adalah dengan puasa.

Iman Ghazali berkata bahwasanya tujuan diperintahankan puasa adalah untuk memecah sahwat dan melemahkan sahwat dan meningkatkan kekuatan untuk bertakwa kepada Allah SWT. Sedangkan tau sendiri munculnya kejahatan itu berawal dari sahwat, dan sahwat ini termasuk jebakan Iblis yang harus dibongkar.

Semoga dengan menjalankan puasa, manusia senantiasa diberikan kekuatan oleh Allah untuk membongkar jebakan Iblis, sehingga bisa meninggkatkan ketakwaanya, aminnn.

Pilihan Lain

Selamat datang di layanan kami Setuju Lain Kali

Privacy & Cookies Policy