25.3 C
Indonesia
16 Juli 2019
Agama

Puasa Mengantarkan Kita Ke Surga Firdaus

Bagi setiap muslim mendapatkan surga firdaus adalah sebuah cita-cita wajib. Karena surga bagi orang muslim adalah hadiah terindah dari Allah atas segala upaya yang telah dilakukan di dunia berupa mentaati perintah Allah dan menjauhi laranganya.

Untuk mendapatkan surga firdaus, wajib bagi muslim untuk menjalankan perintah Allah. Salah satu perintah Allah yang wajib dilaksanakan umat muslim adalah puasa Ramadhan.

Puasa Ramadhan merupakan salah satu rukun Islam, barang siapa tidak menjalankan puasa Ramadhan maka belum bisa dikatakan sempurna keislamanya. Untuk itu setiap muslim diwajibkan menjalankan puasa Ramadhan agar sempurna keislamanya.

Menjalankan puasa Ramadhan disamping menjalankan kewajiban agama juga akan mengantarkan kita kepada derajat orang yang bertakwa. Seperti yang termaktub dalam Al-Quran, surat Al-Baqoroh ayat 183 yang berbunyi “Wahai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa”

Selain mendapatkan derajat ketakwaan disisi Allah, pahala menjalankan puasa juga sangat agung. Dalam sebuah hadist telah diterangkan bahwa Allah akan memberi pahala sepuluh sampai tujuh ratus lipat untuk setiap kebaikan yang dilaksanakan kecuali puasa, karena Allah sendiri yang akan langsung memberi pahalanya.

Hal ini menunjukan bahwa ibadah puasa adalah ibadah yang istimewa dihadapan Allah. untuk itu sebagai seorang muslim sudah sepatutnya untuk menjalankan ibadah puasa, terlebih puasa Ramadhan karena merupakan puasa yang diwajibkan.

Namun demikian Imam Ghazali mengingatkan bahwa untuk mendapatkan surga firdaus tidak hanya cukup dengan menjalankan puasa Ramadhan saja, akan tetapi juga perlu untuk menjalankan ibadah puasa sunah yang sangat dianjurkan Nabi.

Dalam kitabnya Bidayatul Hidayah Imam Ghazali Menyatakan tidak dibenarkan jika enkau merasa cukup dengan melaksanakan puasa wajib di bulan ramadhan lalu engkau meninggalkan puasa-puasa sunah. Karena justru dengan puasa-puasa sunah itulah seseorang akan dapat meraih derajat tinggi di surga firdaus. Maka dari itu perbanyaklah berpuasa, jangan sampai di hari kiamat engkau menyesal karena melihat kedudukan orang-orang ahli puasa tampak seperti bintang-bintang yang tinggi dan gemerlapan, mereka berada di tingkatan yang tertinggi dikalangan penghuni surga.

Dengan demikian untuk mendapatkan surga firdaus, seorang muslim wajib untuk melaksankan puasa Ramadhan dan ditambah dengan puasa-puasa sunah lainnya. Semoga kita tercatat sebagai orang yang beruntung dengan mendapatkan surganya, Amiiin.

Related posts

WUJUDIYAH HAMZAH FANSURI: Elaborasi Sufisme Islam dan Sosio-Lokalitas Masyarakat Nusantara

Ahmad Fairozi

Kajian Sejarah Nabi Dalam Karya KH Hasyim Asy’ari 5 : Bab kelahiran Nabi Muhammad dan Pertumbuhanya 2

admin

Alasan-Alasan Hormat pada Perempuan

PENA SANTRI

Memaknai Ulang Kata Kafir dalam Teks Agama

Khalilullah

Dalil Kafir dalam Kitab Kuning

PENA SANTRI

Tauhid A’dham

PENA SANTRI

Leave a Comment