26.2 C
Indonesia
23 September 2019
Quraish Shihab, Dahulukan Kemanusian dalam Beragama 1

Quraish Shihab, Dahulukan Kemanusian dalam Beragama

Penasantri.id || Jakarta Insaniyah atau kemanusiaan menurut Quraish Shihab adalah salah satu ciri agama. Dalam agama, kemanusiaan selalu didahulukan.

Hal itu ia sampaikan saat menghadiri halal bihalal yang mengangkat tema “Apa dan Mengapa Moderasi Beragama?” di hadapan ribuan ASN Kementerian Agama yang memenuhi ruangan Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kementerian Agama Jln MH Thamrin, Jakarta pada Sabtu (15/6).

“Saya dulu selalu ingatkan petugas haji, bahwa jangan anda pergi salat ke Masjidil Haram bila masih ada jemaah yang butuh bantuan anda. Kemanusiaan mendahului keberagamaan anda,” tutur Menteri Agama Kabinet Pembangunan VII ini.

Ahli Tafsir Al-Quran ini menyampaikan, mengutamakan kemanusiaan adalah fitrah. Ia menambahkan kesadaran ini perlu dimiliki oleh tiap individu yang mengaku beragama. Jangan sampai mengaku beragama tetapi tidak mendahulukan rasa kemanusiaan.

“Bila anda bertemu dengan siapa pun, bila dia bukan teman seagama anda, maka dia adalah teman anda se-kemanusiaan,” tandasnya. (R/Ast/RI-1)

Pilihan Lain

Selamat datang di layanan kami Setuju Lain Kali

Privacy & Cookies Policy