24 September 2020

Sudahkan Kita Baca Quran Hari Ini?

Oleh : Muhammad Nur Hayid
Afdholu ibadati ummati qiraatul quran. Sebaik-baik ibadahnya ummatku adalah membaca alquran, demikian sabda rasulullah Muhammad SAW. Sayyidina Ali menjelaskan, barang siapa membaca quran sambil berdiri dalam solatnya, maka baginya 100 kebaikan dari setiap hurufnya, kalau solatnya sambil duduk maka baginya 50 kebaikan.

Kalau baca qurannya di luar salat sementara dia dalam keadaan suci, baginya 25 kebaikan, kalau dalam keadaan tak suci alias apal quran lalu nderes apalannya maka baginya 10 kebaikan tiap hurufnya. Subhanallah… Maka sebagai orang yang beriman dan berakal alias waras, harusnya kita bisa menjaga wirid bacaan quran kita.

Apakah pilihan kita dengan model one day one juz atau dengan seminggu hatam sekali atau model lain, monggo terserah kita. Bisa juga dengan dijadikan wirid khusus tiap hari, dengan membaca surat yasin, waqiah, almulk dan surat2 pendek atau wirid2 khusus yang lain yang tersusun dari ayat2 alquran seperti ayatul harb dan ayatussittah dan lain sebagainya. Tentu baca qurannya harus diresapi dan di tadabburi.

Syekh Abdullah bin alwi bin muhammad alhadda dalam kitab risalatul muawanah mengijazahkan kepada kita amalan yang beliau kutip dari syekh abu madyan, dan saya tambahi beberapa dari amalan saya dari para guru dan kitab yang saya baca, agar kita selalau menjaga dan mendawamkan wirid quran setiap hari.

Yang dibaca bisa surat sajdah, yasin, waqiah, almulk, ayat kursi dan akhir surat baqoroh dari amanarrosulu … Surat addukhon setiap malam senin dan alkahfi malam jumat, kalau masih mampu, surat munjiyat yang 7, awal surat alhadid dan akhir surat alhasyr, surat alikhlas dan almuawwidatain. Juga membaca awal surat albaqoroh alif lam miem, ayat kursi dan qul ya ayyuhal kafirun kalau mau tidur, insyallah akan mendapatkan meagungan dan kemulyaan yang luar biasa dari barokahnya alquran dan bacaan kita tadi …

Sahabatku semuanya, yuk jangan sia- siakan umur yang diberikan kepada kita. Yuk kita jadikan tiada hari tanpa membaca quran. Kita jadikan quran kawan dan sahabat terbaik kita, karena bacaan quran kita akan datang di hari kiamat sebagai penolong kepada kita. Bahkan dalam riwayat yang lain pertplongan quran akan datang sejak di alam qubur. Iqraul quran fainnahu yakti yaumal qiyamati syafiian liashabih. Demikian hadits kanjeng nabi Muhammad SAW. Wallahu a’lam bisshowab …

Pilihan Lain

Selamat datang di layanan kami Setuju Lain Kali

Privacy & Cookies Policy