28.9 C
Indonesia
17 Juni 2019
Agama Esai

Sufisme

Sufisme adalah penyucian terus-menerus menuju hadirat Allah swt. Esensinya adalah meninggalkan kehidupan materialistik ini . Seorang sufi adalah orang yang melaksanakan kewajiban-kewajiban dari Allah yang disampaikan oleh Nabi dan berusaha keras meningkatkan dirinya pada tingkat kesempurnaan, yaitu Pengetahuan Allah Yang Maha Kuasa dan Maha Agung .

Sufisme adalah sebuah pengetahuan dari mereka yang mempelajari tahapan umat manusia baik dari pujian maupun hinaan. Jika berupa hinaan, dia belajar untuk menyucikannya sehingga menjadi pujian dalam perjalanan-Nya menuju Hadirat Allah SWT .

Buah dari itu semua adalah berkembangnya qalbu akan pengetahuan tentang Allah swt, melalui pengalaman langsung, keselamatan di akherat kelak, tercapainya kenikmatan Ilahiah dan kebahagiaan abadi, pencerahan dan penyucian sehingga hal-hal luhur itu tersingkap dengan sendirinya, maqam-maqam terkuak dan dia memahami apa yang tidak terlihat bagi orang lain .

Sufisme bukanlah semacam penghambaaan tertentu, namun lebih pada melekatnya hati pada Tuhan. Penyatuan semacam itu tetap mengutamakan standard syariah, maka dia harus melaksanakannya (syariah).

Itulah sebabnya kita temui para sufi melayani Islam dalam kapasitas yang luas dan beraneka ragam. Ulama Islam harus mendapat pendidikan lebih tinggi lagi akan sufisme.

Cc : Harakatuna

Related posts

Lima Balasan Terbaik Bagi Orang Musyrik

PENA SANTRI

Islam Moderat; Resolusi Konflik Antar Sekte

khalwani ahmad

Dalil Keistimewaan Ramadlan

admin

GUS DUR DAN TEKNOLOGI DI ERA MILENIAL

PENA SANTRI

Memelihara Kewibawaan Agama

admin

Mengenal Anggota Wudlu danTayamum

admin

Leave a Comment