27.1 C
Indonesia
23 September 2019
Tangis Iblis Di Hari Raya Idul Fitri 1

Tangis Iblis Di Hari Raya Idul Fitri

Hari raya Idul Fitri adalah hari kebahagian tidak hanya untuk orang muslim saja, akan tetapi kebahagiaan untuk semua mahluk. Sebagian orang menganggap bahwa hari raya Idul Fitri adalah kemenangan, karena mereka telah memenangkan dirinya untuk mengalahkan sahwat dan hawa nafsunya selama bulan Ramadhan, dan menjadikan Ramadhan sebagai latihan untuk memenangkan diri dari sahwatnya satu tahun kedepan.

Yang membuat hari raya Idul Fitri semakin istimewa yaitu bisa berkumpulnya anggota keluarga untuk bersilaturahmi. Hal ini sangat dirindukan karena hari raya ini momen yang pas untuk berkumpul dan melepas sejenak rutinitas hariannya.

Yang membuat hari raya paling istimewa adalah diampuninya dosa kita oleh Allah SWT. Hal ini seperti yang disabdakan Nabi yang artinya ketika kalian semua berpuasa Ramadhan, dan keluar untuk melaksanakan sholat Idul Fitri, maka Allah berkata kepada paraa malaikatnya, Wahai malaikatku setiap amal ibadah akan diganjar dengan pahala dan bagi hambaku yang melaksanakan puasa Ramadhan dan keluar untuk melaksanakan sholat Idul Fitri untuk mengharapkan pahalanya maka saksikanlah wahai malaikat bahwa Aku [Allah] telah memaafkan dosa mereka, maka ketika itu ada yang bermunajat seraya berkata wahai umat Muhammad pulanglah kalian kerumah kalian dengan telah digantinya kejelekan kalian dengan kebaikan, Maka Allah berkata lagi “puasamu untukku, dan bukamu juga untukku maka bergegaslah karena telah dimaafkan dosa kalian.

Dengan demikian Idul Fitri adalah kebahagian bagi umat Muhammad karena telah dimaafkan segala dosanya, tak pelak dimaafkan dosa umat nabi muhammad ini membuat iblis nangis terguling-guling.

Menangisnya Iblis ini bisa disimak dari sabda nabi, bahwasanya Nabi Muhammad bersabda “sesungguhnya Iblis (baginya laknat Allah] nangis terguling-guling pada setiap hari raya Idul Fitri, kemudian Iblis mengumpulkan bala tentaranya, bala tentaranya tersebut berkata, wahai tuan Iblis siapa yang membuatmu marah maka akan saya hancurkan, Iblis tersebut kemudian berkata tidak ada yang membuatku nangis berguling-guling akan tetapi Allah telah memberikan ampunannya kepada umat Muhammad pada hari raya ini, maka wajib bagi kalian semua wahai tentaraku untuk melalaikan manusia dengan nikmatnya sahwat serta minum arak agar mereka dibenci Allah.

Dengan melihat hadist ini maka kita sebagai manusia yang berakal sudah seyogyanya pada hari raya ini untuk menjaga diri dari segala sahwat dan hawa nafsu yang akan menganjurkan untuk berbuat maksiat, serta selalu melanggengkan taat kepada Allah SWT.

Oleh karenanya perhatikanlah anjuran nabi saat hari raya, nabi bersabda “Berjuanglah kalian semua pada hari raya Idul Fitri ini dengan bersodaqoh, beramal kebaikan dan kebagusan seperti sholat, zakat, membaca tasbih serta membaca tahlil, maka sesungguhnya hari raya Idul Fitri itu hari dimana Allah mengampuni dosa kalian semua, dan diijabahinya doa kalian semua dan Allah melihat kalian semua dengan pandangan kasih sayang.

Semoga hari raya Idul Fitri ini menjadikan kita menjadi manusia yang betakwa kepada Allah, menjadikan kita kembali bersih dari dosa-dosa yang telah dilakukan dan semoga hari raya Idul Fitri ini membuat kita selalu kembali kepada Allah dan mendapatkan nikmatnya kemenangan.

Pilihan Lain

Selamat datang di layanan kami Setuju Lain Kali

Privacy & Cookies Policy