27.5 C
Indonesia
23 Oktober 2019
Terapi Hati ala Nouman Ali

Terapi Hati ala Nouman Ali

Pernahkah hati anda merasa gelisah dan putus asa akibat doa yang tak kunjung terkabul? Kepada sesama saudara, terlintaskah dalam perasaan kita prasangka negatif terhadapnya? Atau adakah rasa ingin mencurangi orang lain pada saat mencari nafkah? Ingat, kekecewaan terhadap Tuhan, prasangka, dan menghalalkan segala cara dalam bekerja adalah gejala adanya penyakit hati. Perlu sebuah terapi agar gejala tersebut tidak menjadi besar dan ganas.

Bila tanda-tanda seperti di atas terasa keberadaannya, saya sarankan anda untuk membaca buku Revive Your Heart iniBuku ini ditulis oleh Nouman Ali Khan, ulama muda Negeri Paman Sam yang reputasnya telah diakui dunia. Ustadz yang satu ini memiliki metode dakwah yang menggunakan sudut pandang linguistik Al-Qur’an untuk mengomentari fenomena-fenomena masa kini. Beliau juga punya banyak media dakwah, seperti kanal TV dan Youtube “Bayyinah”, serta melalui buku yang ia tulis.

Dalam Revive Your Heart, Nouman Ali Khan mengajak kita memahami hakikat dari sebuah doa melalui kisah Nabi Musa dan Zakariya yang ada dalam kitab suci. Menurutnya, berdoa pada tuhan tak seperti memesan suatu barang di tempat belanja. Kita dapatkan barang sesuai pesanan, lalu saat memesan kita pasti membayar. Kita membayar, jadi kita mengharapkan barang yang sepadan. Sewaktu kita berdoa, kita tidak membayar sepeser pun. Karena tidak bayar, kita tidak boleh berekspektasi (hal. 20).

Ulasan Nouman Ali

Nouman Ali juga mengulas penggalan ayat dalam Surat Al-Hujurat : 12 tentang larangan berprasangka. Penyakit hati yang satu ini sekalipun sepele, namun mengandung dosa serta memiliki daya rusak luar biasa. Persaudaraan hancur, keluarga retak karena orang langsung berpraduga atas maksud orang lain (hal. 50). Kita tentu masih ingat akan sebuah negara yang hancur sebab tersiar kabar burung adanya senjata pemusnah missal di sana. Maka dari itu, tak ada alasan bagi kita untuk mempertahankan hal tercela ini dalam hati.

Penyakit hati selanjutnya adalah cinta dunia. Gejalanya ditandai dengan rasa ingin mencurangi orang lain demi memperkaya diri. Untuk mengobatinya, Nouman Ali Khan menyarankan untuk segera menyudahi keinginan itu karena yang demikian sudah tidak bisa ditoleransi Allah dan termasuk dalam kategori kesalahan besar. Meski demikian, ia tak ada maksud untuk melarang kaum Mukmin bekerja. Sebab tidak ada yang salah ketika kau memiliki dunia, yang menjadi masalah adalah ketika kau mencintainya (hal. 68).

Hati memang sangat penting untuk dijaga terlebih di era modern ini. Menjadi Muslim di zaman ini tidaklah mudah. Setiap hari kita diuji, didorong, ditarik, dan dihakimi dari berbagai sisi. Hiruk-pikuk perkembangan dunia selalu menyedot perhatian dan mengusik hati. Kita seolah ‘didesak’ untuk terus-menerus mengonsumsi sesuatu. Pada akhirnya hidup bisa menjadi sangat membingungkan dan melelahkan. Di saat-saat seperti inilah buku terbitan Mizania ini diperlukan kehadirannya guna menerapi hati kita yang mungkin sedang tertimpa penyakit.

Berbicara tentang keistimewaan, Rene Suhardono dalam pengantarnya menulis, “Buku Revive Your Heart memang berlandaskan ajaran Islam yang disampaikan dengan cerdas dan asyik. Namun, peruntukannya tidak hanya untuk Muslim, tapi juga bagi siapa saja yang berniat memantapkan pemahaman tentang diri (baca: hati dan jiwa), esensi hidup (baca: kehidupan ini dan selanjutnya), dan Allah ‘Azza wa Jalla (hal. xii). Buku ini penting pula dimiliki para dai sebagai bahan untuk berdakwah.

Bila disebut kelemahan, maka kelemahan buku ini berasal dari ketidakjelian pihak penerbit dalam memerhatikan hal-hal kecil. Pada halaman 100 misalnya, terdapat tanda ‘buka kurung’ tanpa ada ‘tutup kurang’-nya. Kesalahan selanjutnya di halaman 123 dan 131-135 dimana judul pada bagian header tidak sesuai dengan tulisan di bawahnya. Terlepas dari kekurangan itu, menurut saya merasa buku ini tetap aman dan baik untuk dibaca. Entah menurut anda?

Penulis : Nouman Ali Khan

Penerjemah : Rini Nurul Badariah

Judul Asli : Revive Your Heart: Putting Life in Perspective

Penerbit : Mizania (PT. Mizan Pustaka)

Cetakan : II, September 2018

Tebal Buku :xiv+162 hal.

Peresensi : Ach. Khalilurrahman

Pilihan Lain

Selamat datang di layanan kami Setuju Lain Kali

Privacy & Cookies Policy