24 September 2020

Terapi Kesehatan, Santri Annuqayah Biasakan Olahraga Pagi


Penasantri.id, Guluk-Guluk-Seksi kesehatan PPA Lubangsa Putri benar-benar menjalankan tugasnya sebagai pelestari kesehatan. Selain mengantarkan orang sakit untuk periksa ke puskesmas terdekat seperti Ganding dan Kemisan bahkan Prenduan yang nyaris setiap malam, seksi ini juga menjadikan senam sebagai kegiatan prioritasnya.

Senam kesehatan jasmani ini bertujuan untuk mengurangi kebiasaan yang tidak baik di Lubri yakni tidur pagi. “Tidur pagi menyebabkan daya kekebalan tubuh menurun dan akhirnya mudah terserang penyakit, tutur Jamilah, koordinator seksi kesehatan ketika ditemui di sela-sela kesibukannya di kantor pesantren .

Apalagi saat ini musim hujan, banyak lalat, rawan sekali penyakit menjangkiti santri. Tugas kesehatan kan juga menjaga kesehatan santri Lubangsa Putri agar tidak gampang terserang penyakit, tambah Yudha, panggilan akrab Tri Mahta Yudhaanggota seksi kesehatan.

Senam kesehatan ini dimulai sejak tanggal 26 Desember tepatnya hari Sabtu pada pukul 05.30 WIB dan bertempat di lapangan Lubangsa Putri yang oleh teman-teman santri disebut bukit bintang.

Banyak sekali yang merasakan manfaat diadakannya senam ini. Salah satunya adalah Sayyidatun Azizah atau yang biasa dipanggil Mas Cicik. dia mengatakan bahwa senam pagi di Lubri membuat tubuhnya tambah segar dan tidak melakukan kebiasaan buruk yakni tidur pagi, karena biasanya kalau tidak bersenam rutinitasnya adalah tidur pagi.

Namun ada pula sebagian santri yang tidak bisa ikut bersenam yaitu siswa MA yang harus mandi pagi-pagi buta karena masuk sekolah pukul 07.00 WIB. “Kami gak mungkin ikut senam, soalnya masuknya harus pukul tujuh, mandi sebelum senam tidak mungkin karena antrenya panjang banget!” keluh Aini salah seorang siswa MA kelas XII.

Senam ini dilaksanakan setiap hari sehabis tadarus al-Qur’an kecuali hari Jumat karena ada pengajian kitab yang dilanjutkan dengan  kerja bakti dan kegiatan Orda (organisasi daerah).

Instruktur resmi yang ditunjuk langsung oleh seksi kesehatan untuk memimpin senam ada 4 orang, yakni Hannani dan Inayatul Qudsiyah serta 2 orang pengurus seksi kesehatan yaitu Jamilah dan Tri Mahta Yudha. Namun pengurus yang lain juga ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan senam ini. Ketika pengurus seksi kesehatan sibuk dengan aktivitas yang lain, maka pengurus yang lain akan dengan sigap menggotong DVD dan sound system untuk bersenam.

Selain itu, seksi kesehatan juga menyediakan jamu tradisional untuk menjaga kesehatan santri.

Pilihan Lain

Selamat datang di layanan kami Setuju Lain Kali

Privacy & Cookies Policy